Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Evaluasi Pengendalian Internal AtasPiutang Di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jatim Di Kota Mojokerto JawaTimur

Ira Audina Pratiwi

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratiwi, Ira, Audina, 2017, Evaluasi Pengendalian Internal AtasPiutang Di Bank Perkreditan Rakyat (BPR) Jatim Di Kota Mojokerto JawaTimur. Tugas Akhir, Program Studi Diploma III Akuntansi, FakultasEkonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si.,Ak.

 

Kata Kunci: Pengendalian Internal, Piutang Usaha, Pengendalian atas Piutang

Pengendalian Internal bertujuan untuk meningkatkan efektifitas dan efisiensi suatu perusahaan. Sehingga tujuan penulisan Tugas Akhir ini bermaksud untuk mengetahui penetapan tanggung jawab kepada karyawan, untuk mengetahui pemisahan fungsi yang sudah dilakukan, untutk mengetahui cara pengdokumentasian atas berkas, untuk mengetahui upaya pengendalian dalam mengendalikan fisik, mekanik dan elektronik, untuk mengetahui upaya dalam melakukan verifikasi internal dan serta untuk mengetahui upaya pengendalain atas sumber daya manusia.

Langkah-langkah dari metode pemecahan masalah untuk menjelaskan tujuan dari penulisan Tugas Akhir ini adalah dengan mengevaluasi sistem pengendalian internal terhadap piutang dalam mencegah penyalahgunaan piutang, khususnya pada Otorisasi Pinjaman, Pemisahan Fungsi, Praktik Yang Sehat, dan Pembatasan Akses Terhadap Aktiva, serta Pengecekan Atas Kinerja Bagian Kredit

 

Pemisahan fungsi dalam praktek pengendalian internal yang baik seperti pemimpin Cabang seharusnya memberikan breefing mengenai tugas dan tanggung jawab karyawan sesering mungkin. Untuk pengdokumentasian berkas kredit, pihak Kredit perlu mengambil keputusan untuk membuat sistem penomoran register kredit yang terkomputerisasi. Sedangkan dalam pengendalian fisik, mekanik dan elektronik, Pemimpin Cabang dirasa perlu membuat kebijakan mengenai batasan terhadap pihak yang berkepentinga terhadap Brankas Kantor. Lalu sistem pengendalian internal berupa verifikasi internal dapat dilakukan seperti halnya penyelia kredit bersama pemimpin cabang dan pengawas internal kantor rutin melakukan pemeriksaan secara mendadak terhadap karyawan.