Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagang Pada UMKM AA Packaging House di Kota Malang

Adinda Althafira Soenaryo

Abstrak


ABSTRAK

 

Althafira Soenaryo, Adinda. 2017. Analisis Sistem Akuntansi Pembelian Barang Dagang Pada UMKM AA Packaging House di Kota Malang. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Suparti, M.P.

 

Kata Kunci: Sistem Akuntansi Pembelian, Pembelian

Akuntansi pembelian barang dalam sistem akuntansi memiliki peran yang penting untuk menjaga kualitas dan kuantitas barang dagang yang diperlukan. Selama transaksi pembelian barang dagang, perlu adanya suatu sistem yang baik mulai pemilihan untuk pemasok hingga barang tersebut masuk ke dalam gudang, yang dapat menjamin barang dagang tersebut memiliki kualitas yang baik untuk dijual kepada konsumen.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah sistem akuntansi pembelian pada AA packaging house sudah dilaksanakan dengan baik dan sesuai dengan visi dan misi yang ada.

Pengumpulan data didapat dengan mengggunakan metode pengamatan langsung, wawancara, dokumentasi, dan kepustakaan. Metode pemecahan masalah yang digunakan untuk menganalisis tujuan penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.

Berdasarkan hasil analisis data yang di dapat dari  AA Packaging House Malang, diperoleh empat kesimpulan hasil penelitian sebagai berikut. Pertama, catatan akuntansi yang digunakan kurang lengkap. Kartu persediaan penting dibuat guna mengetahui nilai persediaan yang ada.

Kedua, masalah perangkapan fungsi dalam sistem akuntansi pembelian. adanya perangkapan fungsi membuat pengendalian internal yang ada menjadi kurang baik. Adanya Job Description membuat tugas dan tanggungjawab antar karyawan menjadi jelas.

Ketiga, masalah prosedur penawaran harga yang tidak dilakukan. Dilakukannya prosedur penawaran harga kepada pemasok akan mengurangi resiko membeli barang diatas harga pasar. Prosedur ini dilakukan dengan mengirim formulir permintaan penawaran harga kepada beberapa pemasok.

 

Keempat, masalah kualitas karyawan atau sumber daya manusia yang ada. Peningkatan kualitas karyawan dapat dilakukan dengan mengikuti seminar atau studi banding ke perusahaan yang lebih besar dari AA packaging house.