Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

evaluasi Pengendalian Internal Pemberian Kredit Koperasi Amanah

Kamellia Gusti Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Gusti Anggraini, Kamellia.2017. Evaluasi Pengendalian Internal Pemberian Kredit Koperasi Amanah. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: Dr. Dodik Juliardi, S.E, AK, M.M.

 

Kata kunci: Pengendalian Internal, Pemberian Kredit

Pengendalian Internal adalah suatu Komponen dari prosedur- prosedur yang saling berhubungan untuk mencapai tujuan suatu perusahaan. pemberian kredit merupakan aspek yang perlu diperhatikan pada saat akan memberikan kreditnya untuk calon nasabah. Oleh karena itu keamanan atas pemberian kredit harus benar- benar diperhatikan oleh koperasi. Karena salah satu dampak dari macet nya kredit adalah kerugian bagi koperasi. Permasalahan ini bisa dihindari atau diminimalisir dengan pengendalian unternal saat pemberian kredit. dengan adanya pengendalian internal yang memadai dalm bidang pengkreditan, berarti menunjukkan sikap kehati- hatian koperasi terutama dalam pemberian kredit.

Tujuannya adalah untuk mengetahui kondisi kredit bermasalah dalam koperasi, upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi kredit bermasalah dan keefektivan pengendalian internal dalam pemberian kredit. dengan metode penelitian dan pengumpulan dari berbagai sumber dan buku- buku dan data- data dari koperasi Amanah. Selain itu juga dengan melakukan wawancara kepada narasumber dan melakukan pengamatan pada obyek penelitian.

Berdasarkan hasil evaluasi yang dilakukan di Koperasi Amanah pemberian kredit sudah cukup baik, namun masih memiliki kekurangan yang perlu diperbaiki yaitu: unsur pemberian kredit yang tidak diterapkan semua, dan hanya menerapkan dua unsur sehingga pada saat akan menilai calon nasabah kurang maksimal.

 

Dibutuhkan saran yang dapat memperbaiki kekurangan pada bagian pemberian kredit Koperasi Amanah, yaitu menambah penerapan unusur- unsur pemberian kredit agar penilaian kredit lebih maksimal.