Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan LKS Elektronik dengan Wondershare Quiz Creator pada Mata Pelajaran Akuntansi Materi Menyusun Laporan Keuangan Perusahaan Jasa di SMA Kertanegara Malang

Elok Farida

Abstrak


ABSTRAK

 

Farida , Elok. 2013. Pengembangan LKS Elektronik dengan Wondershare Quiz Creator Pada Mata Pelajaran Akuntansi di SMA Kertanegara Malang. Skripsi, Jurusan Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Diana Tien Irafahmi, S.Pd, M.Ed (II) Drs. H. Sumadi, S.E, M.M

 

Kata kunci: LKS (Lembar Kerja Siswa), LKS Elektronik, Wondershare Quiz Creator.

Pada analisa kebutuhan awal yang dilakukan, diketahui bahwa guru mata pelajaran akuntansi amat kesulitan dalam membuat variasi bahan ajar serta kesulitan mendapatkan sumber bahan ajar yang hendak dipakai. Di sekolah tersebut, guru mata pelajaran akuntansi hanya menggunakan LKS konvensional yang berbentuk lembaran dan merasa kesulitan untuk menarik perhatian siswa untuk mengerjakan LKS tersebut, sementara siswa lebih banyak melakukan kerja sama untuk mengisi LKS karena malas melihat bentuk LKS yang kurang variatif. Selain itu, guru juga mengaku kesulitan dalam mengoreksi pekerjaan siswa yang terlalu banyak.

Untuk mengatasi masalah tersebut, peneliti mengembangkan LKS Elektronik Akuntansi yang lebih variatif dari segi tampilan dan isi, serta mengurangi resiko mencontek pada siswa. Selain itu, LKS Elektronik tersebut dapat mengurangi pekerjaan guru dalam tahap evaluasi. Tujun dari penelitian ini adalah menghasilkan LKS Elektronik Akuntansi dengan menggunakan Wondershare Quiz Creator.

Pengembangan LKS Elektronik ini menggunakan metode pengembangan Dick and Carey dengan alasan bahwa pengembangan media hanya sebatas pada uji coba prototype produk. Tahap-tahap pengembangan yang dilakukan, yaitu: (1) analisis situasi awal, (2) pengembangan rancangan bahan ajar, (3) membuat bahan ajar, (4) uji validasi, (5) revisi produk.

Pengembangan ini menghasilkan bahan ajar interaktif berupa LKS Elektronik yang berisi materi pelajaran dan soal-soal latihan yang didesain semenarik mungkin sesuai keinginan siswa. LKS tersebut dikemas secara digital dengan menggunakan sebuah aplikasi yang dikemas dalam sebuah CD Interaktif. Dari penelitian yang dilakukan, diperoleh hasil analisis validasi dari ahli materi nilai rata-rata persentase 95.50%, ahli media diperoleh nilai rata-rata persentase 94.16%, dan dari pengguna diperoleh nilai rata-rata persentase 89.24%. Sehingga rata-rata persentase keseluruhan sebesar 92.96% dan dapat disimpulkan bahwa LKS Elektronik Akuntansi pada materi menyusun laporan keuangan perusahaan jasa yang telah dikembangkan dinyatakan valid dan dapat digunakan dalam proses pembelajaran di SMA Kertanegara Malang.

 

Dalam pemanfaatan LKS Elektronik ini, siswa dan guru sebaiknya menginstal program Wondershare Quiz Creator terlebih dahulu sehingga dapat memahami cara penggunaan agar pembelajaran berjalan lancar dan siswa sebaiknya menggunakan sesuai petunjuk pemanfaatan. Sebelum disebarluaskan, produk ini harus disosialisasikan kepada pihak terkait agar mendapatkan pengakuan dan perijinan penerapan LKS Elektronik tersebut.