Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Job Order Costing pada Usaha Percetakan “Asia Image”

luluk . luluk

Abstrak


ABSTRAK

 

Luluk, 2017. Job Order Costing pada Usaha Percetakan “Asia Image”. Tugas Akhir Program Studi D3 Akuntansi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Nujmatul Laily, S.Pd, M, SA.

 

Kata Kunci : Harga Pokok Produksi, Harga Pokok Pesanan

Kelancaran atau keberhasilan suatu usaha tergantung pada keputusan manajemen dalam mengambil keputusan. Agar suatu operasi perusahaan dapat berjalan dengan baik, manajemen memerlukan informasi yang dapat dipercaya sebagai dasar untuk pengambilan keputusan. Perusahaan harus mampu menghasilkan produk yang berkualitas baik dengan harga jual yang wajar. Masalah yang dihadapi oleh usaha percetakan "Asia Image" adalah dalam menentukan harga jual didasarkan pada pengeluaran bahan baku saja. Berdasarkan alasan itulah, diperlukaan adanya perhitungan harga pokok produksi atas suatu pesanan secara akurat dan handal.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apa saja unsur-unsur biaya produksi pesanan yang terdapat dalam produk (undangan, brosur dan kartu pelajar) dan bagaimana perhitungan harga pokok pesanan pada usaha percetakan "Asia Image"di Malang. Harga pokok pesanan adalah pengumpulan biaya produksi yang dikumpulkan untuk pesanan tertentu. Metode pengumpulan yang digunakan adalah wawancara, pengamatan dan dikumentasi.

 

Hasil kesimpulan adalah dalam menetapkan harga jual untuk produk brosur, tidak tepat atau harga jual melebihi harga pokok yang seharusnya sehingga mengalami kerugian. Sedangkan untuk produk undangan dan kartu pelajar mengalami keuntungan (laba).