Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Model Perhitungan Harga Pokok Penjualan Usaha Dagang Barang Bekas

yatik dwi lestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Lestari, Yatik, Dwi. 2017. Model Perhitungan Harga Pokok Penjualan Usaha Dagang Barang Bekas. Tugas Akhir, Program Studi Diploma III Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Sawitri Dwi Prastiti, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Harga pokok penjualan dan laporan laba rugi.

Tugas akhir ini bertujuan untuk menghasilkan model perhitungan harga pokok penjualan serta menghasilkan perhitungan laba untuk setiap jenis persediaan barang bekas yaitu karton, buku dan kardus.Obyek kajian dalam penelitian ini adalah komponen dari harga pokok penjualan perusahaan. Subyek kajian dalam penelitian ini adalah usaha dagang barang bekas milik Bapak Lamsari berada di Jalan Mergan Lori Kelurahan Tanjung Kecamatan Sukun Kota Malang, Jawa Timur.  Telah tersusun “Model Perhitungan Harga Pokok Penjualan Usaha Dagang Barang Bekas”.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa perhitungan harga pokok penjualan dan keuntungan yang diterima oleh pemilik usaha dagang barang bekas tidak sesuai dengan pengakuan yang telah diutarakan pemilik. Keuntungan yang diterima dari pemilik kurang maksimal karena dalam perhitungan harga pokok penjualan diakui secara perkiraan dari pemilik dan biaya-biaya yang terjadi baik pembelian maupun penjualan semua dibebankan oleh pemilik tanpa adanya pengalokasian biaya terlebih dahulu.

 

Saran untuk usaha dagang barang bekas bapak Lamsari adalah diharapkan usaha dagang barang bekas ini melakukan evaluasi terhadap biaya-biaya yang terjadi selama pembelian maupun penjualan persediaan barang bekas, adanya pengalokasian pengeluaran biaya serta melakukan pembukuan atau pencatatan atas transaksi yang telah dilakukan untuk mempermudah dalam mengetahui keuntungan yang seharusnya diterima oleh pemilik.