Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pemeringkatan Koperasi Menurut Peraturan Menteri Negara Koperasi dan UKM Nomor 22/Per/M.KUKM/IV/2008

Ulya Nur Isnaini

Abstrak


ABSTRAK

 

Kata Kunci: pemeringkatan, laporan keuangan, administrasi, dan koperasi wanita

Kementerian koperasi dan UMK telah menyusun seperangkat instrumen tentang pedoman pemeringkatan koperasi. Maksud dari pemeringkatan ini adalah untuk mengetahui kondisi dan kinerja koperasi melalui pengukuran yang objektif dan trasnparan dengan kinerja dan persyaratan tertentu. Pencapaian koperasi yang berkualitas didasarkan pada pemeringkatan koperasi  dan dengan dilaksanakannya pemeringkatan terhadap koperasi diharapkan memberikan hasil yang dapat mencerminkan proses pembinaan yang memang sudah mempertimbangkan keterkaitan antara hukum proses bisnis atau pelayanan internal dengan logika pasar. Mekanisme pemeringkatan koperasi pelaksanaannya akan diserahkan kepada lembaga yang tidak terlibat langsung keseharian dengan koperasi.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode wawancara, dokumentasi, observasi atau pengamatan. Sedangkan cara menyelesaikan masalah menggunakan metode diskriptif  yang digunakan untuk memaparkan analisis koperasi dengan melalui langkah langkah: (1) Menganalisis masing masing koperasi dengan aspek badan usaha aktiv, kinerja usaha semakin sehat, kohesifitas dan partisipasi anggota, orientasi kepada pelayanan anggota, pelayanan kepada masyarakat, dan kontribusi terhadap pembangunan daerah, (2) Pengolahan data hasil analisis dengan metode berdasarkan peraturan menteri, (3) Penentuan hasil pemeringkatan, (4) Mencari kelemahan dan kelebihan dari masing-masing koperasi.

 

Hasil pemeringkatan belum ditemukan koperasi dengan kategori sangat berkualitas dan tidak berkualitas, rata-rata koperasi berada pada nilai standar. Koperasi yang memiliki nilai tertinggi yaitu Koperasi Wanita Melati dengan nilai 356 dengan kategori “Berkualitas”. Ada 4 koperasi yang termasuk kategori “berkualitas”, 5 koperasi kategori “cukup berkualitas”, dan ada 1 koperasi kategori “kurang berkualitas”