Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja Keuangan pada Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Blitar Tahun 2014-2015

Eki Puspita Dewi

Abstrak


ABSTRAK

 

Puspita Dewi, Eki. 2017. Analisis Laporan Keuangan untuk Menilai Kinerja

Keuangan Pada Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Blitar tahun 2014-2015. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Program Studi D-III Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. Endang Sri A, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Analisis, Kinerja Keuangan, Pusat Koperasi

Menilai baik tidaknya pengelolaan laporan keuangan koperasi dapat dilakukan dengan analisis laporan keuangan tersebut. Analisis laporan keuangan koperasi akan memperoleh informasi tentang kinerja keuangan serta kekuatan dan kelemahan koperasi tersebut. Dengan adanya analisis laporan keuangan yang menghasilkan penilaian terhadap kinerja keuangan dapat membantu pengurus koperasi dalam mengelola keuangan koperasi.

Penulisan ini bertujuan untuk (1) mengetahui kinerja keuangan Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Blitar ditinjau dari Rasio Solvabilitas, (2) mengetahui kinerja keuangan Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Blitar ditinjau dari Rasio Likuiditas, (3) mengetahui kinerja keuangan Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Blitar ditinjau dari Rasio Profitabilitas. Untuk mencapai maksud tersebut obyek penelitian adalah Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Blitar.

Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan, studi lapangan, wawancara,dan dokumentasi. Metode pemecahan masalah yang digunakan dalam penulisan Tugas Akhir ini dengan menggunakan Analisis Rasio Keuangan. Data yang digunakan penulis  adalah Neraca dan Laporan Perhitungan Sisa Hasil Usaha Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia (PKPRI) Kota Blitar.

 

Berdasarkan penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ditinjau dari Rasio Solvabilitas menunjukkan (1) Rasio Total Kewajiban dengan Total Aset sebesar 59,22% dan 37,92% dengan kriteria penilaian Cukup baik dan Sangat baik. (2) Rasio Total Kewajiban dengan Modal/Ekuitas sebesar 145,24% dan 61,10% dengan kriteria penilaian Cukup baik dan Sangat baik. Ditinjau dari Rasio Likuiditas menunjukkan Rasio Lancar (current ratio) sebesar 991,98% dan 685,99% dengan kriteria penilaian Buruk. Ditinjau dari Rasio Profiitabilitas menunjukkan (1) Return on Asset (ROA) sebesar 2,71% dan 2,11% dengan kriteria penilaian Kurang baik. (2) Return on Equity (ROE) sebesar 6,65% dan 3,40% dengan kriteria penilaian Kurang baik.