Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kredit Macet Pada Pembiayaan Konsumtif Murabahah pada PT BPRS Daya Artha Mentari

Zainiah Anggraeni

Abstrak


ABSTRAK

 

Semakin banyak kredit yang disalurkan berbanding lurus dengan besarnya resiko yang terkandung di dalamnya, di mana resiko yang mungkin timbul adalah menjadi bermasalahnya kredit tersebut yang selanjutnya disebut kredit macet. Kredit macet yang timbul dapat berpengaruh pada keamanan dana masyarakat yang disimpan pada bank sehingga mengakibatkan bank mengalami kesulitan untuk menjalankan operasi kedepannya.

Penulisan tugas akhir ini dimaksudkan untuk mengetahui dan menganalisis kredit macet pada PT. BPRS Daya Artha Mentari. Penelitian ini merupakan penelitian dengan menggunakan metode kualitatif. Dalam penelitian ini didapatkan melalui observasi, interview, dan dokumentasi.

Kredit macet pada PT. BPRS Daya Artha Mentari terdapat beberapa faktor penyebab kredit macet yaitu faktor internal dan eksternal. Dari pihak nasabah terlambat membayar angsuran yang disebabkan pendapatan usahanya mengalami penurunan, kurang mampu mengelola usahanya, atau nasabah tersebut memiliki watak/karakter untuk tidak membayar angsuran dan melunasi pinjamannya. Dari pihak bank dapat disebabkan oleh pihak analis kredit yang mungkin kurang teliti dan tidak sepenuhnya menerapkan unsur 5C dalam proses analis untuk realisasi kredit karena adanya unsur kecurangan lainnya.Sedangkan faktor eksternal seperti terjadinya bencana alam.

 

Dari hasil analis diperoleh kesimpulan bahwa terjadinya kredit macet pada PT. BPRS Daya Artha Mentari dikarenakan pelaksanaan unsur 5C tidak dilaksanakan secara optimal. Sebaiknya pihak bank yang melakukan analis kredit melakukan dengan teliti agar unsur 5C yaitu character, capacity, capital, collateral, dan, conditional dapat diperoleh dari nasabah dengan benar guna mencegahterjadinya kredit macet dikemudian hari.