Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Sistem Pengendalian Internal Pengeluaran Kas pada CV. Tri Jaya

Yuni Setyowati

Abstrak


ABSTRAK

 

Tugas akhir berjudul Analisis Sistem Pengendalian Internal Pengeluaran Kas pada CV. Tri Jaya bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan sistem pengendalian internal pengeluaran kas pada CV. Tri Jaya saat ini dan sistem pengendalian internal pengeluaran kas yang seharusnya dilakukan CV. Tri Jaya. Metode pemecahan masalah yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode kualitatif deskriptif. Sedangkan metode pengumpulan data dilakukan penulis dengan melakukan observasi dan wawancara. Objek yang diteliti dalam tugas akhir ini adalah sistem pengendalian internal pengeluaran kas perusahaan. Subjek yang diteliti adalah CV. Tri Jaya yang bertempat di Surabaya - Jawa Timur.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa sistem pengendalian internal terhadap pengeluaran kas perusahaan adalah lemah. Lemahnya sistem pengendalian internal ini dikarenakan terdapatnya pemborosan pengeluaran kas proyek dari waktu ke waktu yang disebabkan oleh: (1) tidak adanya formulir yang digunakan dalam setiap pengeluaran kas, baik pengeluaran kas yang berjumlah besar maupun pengeluaran kas kecil, (2) terdapat struktur organisasi perusahaan, namun tidak ada pemisahan tanggung jawab secara tegas untuk setiap karyawannya, dan (3) dokumen-dokumen dasar yang dibutuhkan untuk pencatatan  dalam laporan keuangan perusahaan juga tidak sepenuhnya ada.

 

Saran untuk CV. Tri Jaya adalah (1) diharapkan CV. Tri Jaya menggunakan formulir dalam setiap pegeluaran kas yang dilakukan sebagai bukti persetujuan dari otoritas berwenang, (2) melakukan pemisahan tugas secara tegas sesuai dengan fungsi masing-masing karyawan, (3) selalu meminta dokumen pendukung penggunaan kas agar dapat meminimalisir kesalahan dalam pembebanan biaya yang dikeluarkan, (4) pengeluaran kas dalam jumlah besar menggunakan cek.