Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kinerja Keuanga pada Kopoerasi Kredit Abadi Desa Arjosari Kecamatan Kalipare Tahun 2015-2016

Mutiara Damayanti

Abstrak


ABSTRAK

 

Koperasi memiliki peran untuk memajukan kesejahteraan anggota pada khususnya dan masyarakat pada umumnya. Semakin berkembangnya kegiatan koperasi di Indonesia maka tuntutan agar pengelolaan koperasi dilaksanakan secara lebih profesional akan semakin besar. Kinerja keuangan koperasi merupakan cerminan seberapa jauh koperasi telah melangkah. Penilaian terhadap perkembangan kinerja keuangan dianggap penting untuk melihat apakah koperasi tersebut mengalami peningkatan atau penurunan. Metode yang digunakan untuk menilai kinerja keuangan adalah analisis rasio. Dari hasil  analisis rasio ini akan dapat dijadikan bahan evaluasi bagi pengurus Koperasi Kredit Abadi.

Penulisan karya tulis ini bertujuan untuk mengetahui: (1) Kinerja Keuangan Koperasi Kredit Abadi menggunakan Rasio Likuiditas ditinjau dari Current Ratio, Cash Ratio dan Quick Ratio. (2) Kinerja Keuangan Koperasi Kredit Abadi menggunakan Rasio Solvabilitas ditinjau dari Total Debt to Asset Ratio, dan Debt to Equity Ratio. (3) Kinerja Keuangan Koperasi Kredit Abadi menggunakan Rasio Rentabilitas ditinjau dari Return on Equity dan Return to Asset.

Metode pemecahan masalah yang digunakan adalah analisis kinerja keuangan yang membandingkan antara unsur-unsur yang terdapat pada laporan keuangan yang memiliki hubugan yang relevan dan signifikan. Data yang digunakan adalah Neraca dan Laporan Laba Rugi Koperasi Kredit Abadi tahun 2015 dan 2016. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah dengan cara studi pustaka dan wawancara.

 

Hasil dari penelitian ini memberikan kesimpulan bahwa Koperasi Kredit Abadi ditinjau dari rasio likuiditas dan rasio rentabilitas dalam keadaan tidak baik. Dan ditinjau dari rasio solvabilitas keadaan Koperasi Kredit Abadi dam keadaan baik.