Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaporan Piutang pada CV Kalasuba Indonesia

Bellania Maulida

Abstrak


ABSTRAK

 

Tugas akhir berjudul Pelaporan Piutang pada CV Kalasuba Indonesia bertujuan untuk mengetahui jumlah cadangan kerugian piutang yang sebaiknya dicantumkan pada neraca CV Kalasuba Indonesia dan pelaporannya terhadap laporan keuangan CV Kalasuba Indonesia.

Metode yang digunakan dalam penulisan tugas akhir ini adalah metode deskriptif. Sedangkan untuk pengumpulan data, penulis menggunakan studi kepustakaan dan studi lapangan yang mencakup observasi, interview, dan dokumentasi.

Obyek kajian dalam penelitian ini adalah laporan keuangan yang melaporkan piutang usaha atau neraca perusahaan. subyek kajian dalam penelitian ini adalah CV Kalasuba Indonesia yang bertempat di jalan Ki Ageng Gribig no. 49 Malang, Jawa Timur.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa pencatatan akuntansi piutang dan pelaporannya pada neraca yang dilakukan oleh CV Kalasuba Indonesia kurang sesuai dengan standar akuntansi yang berlaku di Indonesia. Piutang diakui sebesar nilai penjualan tanpa ada perhitungan estimasi piutang tak tertagih dan tidak ada penghapusan piutang usaha atas saldo piutang yang telah mengendap lebih dari satu tahun.

 

Saran untuk CV Kalasuba Indonesia adalah diharapkan CV Kalasuba Indonesia melakukan penentuan estimasi nilai piutang yang tidak dapat ditagih dan melakukan pencatatan cadangan kerugian piutang tak tertagih setiap akhir tahun pada jurnal penyesuaian sehingga terdapat pelaporan piutang bersih pada neraca.