Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Aplikasi Android Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Akuntansi Perusahaan Dagang di SMK Negeri 1 Malang

LITA FITRIYA WAHYUNING GUSTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Rendahnya motivasi belajar tentu akan berpengaruh pada perolehan hasil belajar siswa. Salah satu pendorong motivasi siswa adalah penggunaan media dalam pembelajaran yang dinilai dapat memberikan dampak positif terhadap perolehan hasil belajar yang optimal melalui peningkatan motivasi.

Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di beberapa SMK di Kota Malang, peneliti menemukan permasalahan dalam proses pembelajaran berupa penggunaan media pembelajaran yang masih sangat umum seperti Power Point dengan tampilan monoton yang menyebabkan rendahnya motivasi belajar siswa dan berimbas pada rendahnya hasil belajar mereka. Penelitian ini menggunakan produk yang telah dikembangkan oleh peneliti terdahulu, Risandi (2016) yaitu multimedia interaktif berbasis aplikasi android yang bertujuan untuk mengetahui: (1) pengaruh multimedia interaktif berbasis aplikasi android terhadap hasil belajar siswa, (2) pengaruh motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa, (3) interaksi antara multimedia interaktif berbasis aplikasi android dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa.

Penelitian ini termasuk jenis penelitian eksperimen desain faktorial 2x2. Populasi penelitian ini seluruh siswa kelas XI Paket Keahlian Akuntansi di SMK Negeri 1 Malang yang berjumlah 123 siswa, dengan sampel yang diteliti berjumlah 60 siswa. Pengumpulan data menggunakan angket dan tes yang terdiri dari pretest dan posttest. Teknik analisis data menggunakan uji two way ANOVA berbantuan program SPSS 21.0 for Windows.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat interaksi antara multimedia interaktif berbasis aplikasi android dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akuntansi perusahaan dagang dengan nilai signifikansi 0,029 < 0,05. Multimedia interaktif berbasis aplikasi android lebih berhasil meningkatkan hasil belajar siswa yang memiliki motivasi tinggi dibandingkan dengan siswa yang memiliki motivasi rendah.

 

Saran yang diajukan dalam penelitian ini adalah: (1) siswa lebih mengoptimalkan fasilitas belajar yang mereka miliki untuk kegiatan pembelajaran, (2) multimedia interaktif berbasis aplikasi android dapat dijadikan alternatif oleh guru untuk menarik minat siswa dalam belajar, (3) sekolah dapat menggunakan multimedia interaktif berbasis aplikasi android sebagai pertimbangan untuk mengoptimalkan sarana dan prasarana sekolah, dan (4) peneliti selanjutnya mengembangkan materi dan sampel yang lebih luas.