Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Kontribusi Peran Pajak Parkir Dalam Menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Malang

Dany Wahyu Eka Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Saputra, Dany Wahyu Eka. 2016. Analisis Kontribusi Peran Pajak Parkir Dalam Menunjang Pendapatan Asli Daerah (PAD) di Kota Malang. Tugas Akhir. Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ika Putri Larasati, S.E., M.Com.

 

Kata Kunci: Pajak Parkir, Pajak Daerah, Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang.

Sejak diberlakukannya otonomi daerah, setiap daerah berusaha mengoptimalkan sumber-sumber penerimaan daerah untuk pembiayaan pembangunan daerah. Salah satu sumber penerimaan di Kota Malang adalah Pajak Daerah. Pajak Daerah yang ada di Kota Malang terdiri dari beberapa jenis pajak. Salah satu jenis Pajak Daerah yang memiliki banyak klarifikasi dalam perhitungan pajak adalah pajak parkir.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana perhitungan pajak parkir berdasarkan peraturan daerah yang berlaku di Kota Malang dan untuk mengetahui bagaimana kontribusi pajak parkir terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Malang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dari pengamatan atas data yang diperoleh dari tempat penelitian dan wawancara yang dilakukan dengan petugas Dispenda Kota Malang yang menangani perhitungan pajak parkir.

Setelah dilakukan penelitian, dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat tempat parkir yang tidak sesuai dengan perhitungan pajak parkir berdasarkan peraturan yang berlaku. Kontribusi pajak parkir terhadap PAD bersifat fluktuasi atau mengalami peningkatan yang tidak stabil. Berdasarkan dengan hal ini, diharapkan Dispenda Kota Malang lebih tepat dalam penilaian pajak parkir agar kontribusi pajak parkir bisa terus meningkat.