Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Sistem Informasi Pengadaan Dan Pemesanan Barang Terhadap Pengambilan Keputusan Manajemen ( Studi Pada PT. Telkom Jatim Tengah )

Muchammad Fachri Maulana

Abstrak


ABSTRAK

PT. Telkom ( Telekomunikasi ) Jatim Tengah adalah sebuah Badan Usaha Milik Negara ( BUMN ) dimana perusahaan ini bergerak pada bidang jasa telekomunikasi, dalam melakukan kegiatanya untuk memenuhi kebutuhan masyarakat mengenai komunikasi, dan meningkatkan kualitas pelayanan, pengadaan barang dan jasa merupakan sebuah cara agar mewujudukan hal tersebut. Resiko dalam melakukan kegiatan pengadaan cukup riskan apabila sebuah perusahaan tidak memiliki, atau memiliki sistem informasi yang sulit di pahami oleh pihak internal, auditor internal, ataupun auditor extrenal.  Oleh karena itu di perlukan sebuah teknik untuk mempermudah dalam membaca kegiatan yang dilakukan oleh perusahaan tersebut, adapun tujuan yang tidak dilupakan adalah untuk menghindari terjadinya kecurangan di dalam perusahaan, dan mempermudah mengetahui jika terjadi sebuah kecurangan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana sistem informasi pengadaan yang dilakukan oleh PT. Telkom Jatim Tengah yang sesuai dengan standart, serta mengetahui jalanya pengendalian internal di dalam perusahaan apakah telah melakukan pemisahan tugas ( otorisasi ) sesuai dengan kemampuan dan standart yang ada.

Hasil dari analisis ialah bahwa setiap unsur unsur kegiatan pengadaan barang dan jasa telah sesuai dengan prosedur dan standart yang berlaku, dan otorisasi yang berjalan di dalamnya telah berjalan dan meminimalisir kemungkinan terjadinya kecurangan oleh pihak intern.