Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Laba/Rugi, Kategori Kantor Akuntan Publik, Debt to Equity Ratio, dan Ukuran Perusahaan terhadap ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008)

SITI QOMARIYAH

Abstrak


ABSTRAK

 

Qomariyah, Siti. 2011. Pengaruh Laba/Rugi, Kategori Kantor Akuntan Publik, Debt To Equity Ratio/Der Dan Ukuran Perusahaan Terhadap Ketepatan Waktu Penyampaian Laporan Keuangan (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2008). Skripsi, Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Dyah Aju Wardhani, M.Si. Ak. (2) Makaryanawati, S.E., M.Si. Ak.

 

 

Kata Kunci : Ketepatan Waktu (Timeliness),  Laba/Rugi, Kategori Kantor

                       Akuntan Publik, Debt to Equity Ratio/DER dan Ukuran Perusahaa.

 

Pelaporan keuangan merupakan sumber informasi penting yang dapat digunakan untuk pengambilan keputusan bisnis. Laporan keuangan adalah salah satunya. Informasi dalam laporan keuangan akan berguna dalam proses pengambilan keputusan jika relevan dan reliabel. Informasi yang relevan mengandung nilai prediktif, nilai umpan balik, dan ketepatan waktu. Ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan sangat dibutuhkan sebelum informasi tersebut kehilangan kapasistasnya untuk mempengaruhi keputusan yang diambil. Jadi ketepatan waktu merupakan kualitas yang berkaitan dengan ketersedian informasi pada saat dibutuhkan. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan bukti empiris tentang pengaruh laba/rugi, kategori Kantor Akuntan Publik, debt to equity ratio dan ukuran perusahaan ketepatan waktu penyampaian laporan  keuangan pada perusahaan yang manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

Sampel dari penelitian ini menggunakan 133 perusahaan manufaktur yang  terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2008. Pemilihan sampel berdasarkan teknik purposive sampling. Faktor-faktor tersebut kemudian diuji dengan menggunakan regresi logistic pada tingkat signifikansi 5 persen. 

Hasil penelitian menunjukkan  bahwa laba/rugi, kategori Kantor Akuntan Publik, dan debt to equity ratio secara signifikan berpengaruh pada ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan perusahaan,  sedangkan ukuran perusahaan tidak berpengaruh pada ketepatan waktu pelaporan keuangan perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Saran dalam penelitian ini adalah, 1) ketepatan waktu penyampaian laporan keuangan diukur dengan menggunakan jumlah hari antara tanggal laporan keuangan sampai tanggal penyampaian laporan keuangan auditan, dan 2) memperluas penelitian dengan menambah sampel penelitian dari seluruh perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.