Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Pengendalian Intern atas Prosedur Penagihan Piutang Usaha pada Unit Service PT Astra International, Tbk - Daihatsu Cabang Malang

Alvi Noor Zakiyya

Abstrak


ABSTRAK

Zakiyya, Alvi Noor. 2011. Analisis Pengendalian Intern atas Prosedur Penagihan Piutang Usaha pada Unit Service PT Astra International, Tbk - Daihatsu Cabang Malang. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Program Studi Diploma III Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Dr. H. Tuhardjo, S.E., M.Si., Ak.

 

Kata Kunci: Pengendalian Intern, Prosedur Penagihan Piutang

            Pengendalian intern adalah rangkaian aktivitas yang bertujuan untuk melindungi kekayaan perusahaan. Pengendalian intern menjadi sangat penting karena setiap kekayaan perusahaan harus dilindungi dan dijaga, termasuk kekayaan perusahaan dalam bentuk piutang.

Pengertian prosedur adalah bagian dari sistem yang berupa rangkaian tindakan atau kegiatan yang melibatkan beberapa orang untuk memproses transaksi-transaksi yang terjadi sampai menjadi laporan yang siap digunakan. Dengan demikian prosedur penagihan piutang dapat dikatakan sebagai rangkaian tindakan yang melibatkan beberapa orang untuk memproses transaksi piutang.

Tugas Akhir ini disusun dengan tujuan untuk mendeskripsikan prosedur penagihan piutang dan pengendalian intern atas prosedur yang telah dilaksanakan tersebut pada Unit Service PT. Astra International, Tbk - Daihatsu Cabang Malang. Data yang digunakan adalah data yang didapat selama proses Praktik Kerja Lapangan (PKL) di PT. Astra International, Tbk - Daihatsu Cabang Malang. Metode yang digunakan untuk memecahkan masalah adalah deskriptif kualitatif, yaitu dengan memberikan penjelasan-penjelasan terhadap data yang diperoleh dengan dasar bahan pustaka yang relevan terhadap masalah yang ingin dipecahkan.

Unit Service PT. Astra International, Tbk - Daihatsu Cabang Malang mempunyai piutang kepada perusahaan yang memiliki kerjasama dengan Unit Service PT. Astra International, Tbk - Daihatsu. Dalam hal pembayaran biaya service, perusahaan tersebut memiliki periode jatuh tempo selama 14 hari dari tanggal faktur service. Terkait piutang tersebut, perusahaan menerapkan prosedur penagihan piutang dengan mengirimkan bukti service asli berupa rangkap dua faktur service dan kuitansi bersama dengan surat tagihan yang dilengkapi dengan SPK asli dari perusahaan kerjasama (PKS) serta faktur pajak standar. Untuk menjamin bahwa seluruh piutang perusahaan akan tertagih, PT. Astra International, Tbk - Daihatsu menerapkan empat (4) prosedur pengendalian intern.

Salah satu cara untuk mengurangi kecurangan dari pihak-pihak yang tidak bertanggungjawab, PT. Astra International, Tbk - Daihatsu Cabang Malang sebaiknya menunjuk seseorang yang independen untuk melakukan pengecekan terhadap dokumen, otorisasi, termasuk prosedur yang dilaksanakan.