Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan ketersediaan Fasilitas Sekolah terhadapan Kinerja Guru di SMP Negeri 2 Wlingi Tahun Pelajaran 2010/2011

Tatas Ridho Nugroho

Abstrak


ABSTRAK

 

Nugroho, Tatas Ridho. 2011. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Kepala Sekolah dan Ketersediaan Fasilitas Sekolah terhadap Kinerja Guru di SMP N 2 Wlingi Tahun Pelajaran 2010/2011. Skripsi,  Jurusan Akuntansi, Program Studi Pendidikan Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Diana Tien Irafahmi, S.Pd., M.Ed.

 

Kata Kunci: Gaya Kepemimpinan, Fasilitas Sekolah, Kinerja Guru .

 

            Gaya kepemimpinan kepala sekolah merupakan salah satu faktor yang berpengaruh terhadap kinerja guru. Selain faktor kepemimpinan, faktor lain yang mempengaruhi kinerja guru adalah fasilitas. Simanjuntak (dalam Staffmm, 2007:3) mengungkapkan bahwa kinerja seseorang bisa dipengaruhi oleh beberapa faktor diantaranya adalah kepemimpinan, hubungan industrial, kemampuan dan ketrampilan, motivasi, sikap, etos kerja, struktur organisasi, teknologi dan peralatan atau fasilitas kerja, dan kondisi kerja.

            Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah dan ketersediaan fasilitas sekolah terhadap kinerja guru, baik secara parsial maupun simultan.

      Penelitian ini termasuk jenis penelitian kuantitatif. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi berganda. Variabel  penelitian meliputi: gaya kepemimpinan kepala sekolah (X1) dan ketersediaan fasilitas sekolah (X2) sebagai variabel bebas dan kinerja guru (Y) sebagai variabel terikatnya. Penelitian ini merupakan penelitian sampel yang terdiri dari 41 orang guru akuntansi di SMP N 2 Wlingi. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket (kuesioner).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Terdapat pengaruh positif antara gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP N 2 Wlingi, Sig t ≤ 0,05 (0,001 ≤ 0,05), (2) Tidak terdapat pengaruh antara ketersediaan fasilitas sekolah terhadap kinerja guru SMP N 2 Wlingi, Sig t ≥ 0,05 (0,670 ≥ 0,05), (3) Terdapat pengaruh positif secara simultan antar gaya kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru SMP N 2 Wlingi, Sig F ≤ 0,05 (0,005 ≤  0,05). Saran yang diberikan; (1) Bagi Kepala Sekolah: sebaiknya menerapkan gaya kepemimpinan kepala sekolah berdasarkan pada hubungan manusia (people oriented) lebih intensif. Karena dalam penelitian ini (people oriented) terbukti lebih mempengaruhi kinerja guru dari pada (task oriented). Artinya semakin baik kepala sekolah menerapakan gaya kepemimpinan (people oriented)  maka semakian baik pula kinerja guru. Kepala sekolah hendaknya lebih sering memberikan instruksi atau arahan kepada guru untuk memanfaatkan fasilitas sekolah yang tersedia dengan baik. ; (2) Bagi Guru: Untuk dapat meningkatkan kinerjanya dengan cara memanfaatkan fasilitas sekolah yang telah memadai. Fasilitas yang telah disediakan oleh sekolah, sebaiknya dimanfaatkan dengan sebaik mungkin. Karena dengan tersedianya fasilitas sekolah guru akan lebih mudah menyampaikan informasi kepada peserta didik dan lebih bersemangat dalam proses mengajar. ; (3) Bagi Peneliti selanjutnya: Melihat kondisi dilapangan sebelum membuat angket, agar informasi yang diperoleh sesuai dengan kondisi nyata di lapangan sehingga, topik yang di angkat dapat dibahas dan disajikan dengan baik.