Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2011

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang

wahyu wulansari

Abstrak


ABSTRAK

 

Wulansari, Wahyu. 2011. Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Prestasi Belajar Siswa Dalam Mata Pelajaran Akuntansi Kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang. Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Akuntansi Jurusan Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Hj. Siti Thoyibatun, M.Pd., M.M., (2) Dr. Hj. Puji Handayati, S.E., M.M., Ak.

 

Kata Kunci: Penggunaan Modul, Akuntansi, Prestasi Belajar

Penggunaan modul merupakan salah satu alternatif dalam penyelenggaraan pengajaran individual. Pembelajaran modul mampu memberikan kemungkinan kepada siswa untuk belajar mandiri karena setiap siswa dalam kelas dilibatkan secara maksimal dalam pembelajaran. Dalam penggunaan modul sebagai media pembelajaran, siswa diberi kesempatan untuk belajar menurut gaya belajar dan kemampuan masing-masing. Dengan demikian, memungkinkan siswa untuk maju dan berprestasi sesuai dengan kecepatan sendiri. Tujuan penelitian ini dimaksudkan untuk  mengetahui pengaruh penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran akuntansi kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang.

Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS SMA Negeri 6 Malang tahun pelajaran 2010/2011 dengan jumlah 185 siswa yang terbagi ke dalam 5 kelas. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksperimen dengan menggunakan desain Nonequivalent Control Group Design. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Purposive Sampling. Sampel yang ditetapkan terdiri dari dua kelas yaitu kelas XI IPS 3 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XI IPS 4 sebagai kelompok kontrol. Kelompok eksperimen adalah kelompok yang diajar dengan menggunakan modul dalam pembelajaran, sedangkan kelompok kontrol adalah kelompok yang diajar tanpa menggunakan modul dalam pembelajaran. Jenis data dalam penelitian ini berupa data kuantitatif yang diperoleh langsung dari subyek penelitian dengan cara memberikan tes kemampuan akhir dalam pembelajaran akuntansi pada materi pokok jurnal penyesuaian.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh dari penggunaan modul terhadap prestasi belajar siswa, terbukti dari hasil t-Test:Two-Sample Assuming Equal Variances yang menunjukkan thitung (5,166) > ttabel(1,668). Adapun keterbatasan dari penelitian ini adalah penelitian hanya dilakukan pada satu pokok bahasan saja dikarenakan adanya keterbatasan waktu penelitian.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan agar peneliti lain dapat melakukan penelitian tentang penggunaan modul pada materi lain atau lebih dari satu pokok bahasan dengan menambah waktu penelitian sehingga dapat diketahui keefektifan penggunaan modul untuk meningkatkan prestasi belajar siswa.