Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2009

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis anggaran pendapatan jasa pelayanan dalam upaya perencanaan dan pengendalian pada PT. AJ. Bringin Jiwa Sejahtera Malang

Lissa Bela Chandra Adi Putri

Abstrak


ABSTRAK

 

Putri, Lisaa Bela Chandra Adi. 2009. Analisis Anggaran Pendapatan Jasa Pelayanan Dalam Upaya Perencanaann dan Pengendalian pada PT. AJ. Bringin Jiwa Sejahtera Malang. Tugas Akhir, Jurusan Diploma Akuntansi, Fakultas Ekonomi, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : Ika Putri Larasati, S.E, M.Com.

 

Kata Kunci : analisis anggaran pendapatan jasa, perencanaan dan pengendalian.

 

Anggaran adalah suatu hal yang sangat penting bagi operasional perusahaan, karena melalui anggaran perusahaan dapat memperkirakan besarnya penerimaan dan pengeluaran yang akan terjadi pada masa yang akan datang. Terkait dengan hal tersebut, pihak manajer perlu mempersiapkan anggaran secara komprehensif berupa pendapatan dan biaya. Untuk menyusun anggaran yang baik, diperlukan teknik-teknik forecast sehingga penyusunan anggaran tesebut sesuai dengan yang diharapkan perusahaan.

Tujuan penulisan ini untuk mengetahui anggaran pendapatan jasa pelayanan serta untuk mengetahui perkembangan pendapatan jasa pelayanan pada PT. AJ. Bringin Jiwa Sejahtera Malang tahun 2005 sampai dengan tahun 2008 dengan menggunakan metode trend moment. Disamping itu, penulisan ini untuk mengetahui peranan anggaran sebagai alat perencanaan dan pengendalian pada PT. AJ. Bringin Jiwa Sejahtera Malang.

Metode yang digunakan dalam pengumpulan data laporan tugas akhir ini adalah Studi Pustaka dan Studi Lapangan sedangkan teknik yang digunakan adalah Wawancara atau Interview dan Dokumentasi atau Documentation. Metode dan teknik pemecahan masalah yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif yaitu dengan menggunakan metode trend moment untuk menghitung proyeksi pendapatan jasa untuk tahun yang akan datang dan analisis selisih (varians) dilakukan untuk mengetahui penyimpangan yang terjadi antara realisasi dan anggaran yang telah ditetapkan dalam upaya perencanaan dan pengendalian perusahaan.

Hasil analisis ini adalah penyusunan anggaran pada PT. AJ. Bringin Jiwa Sejahtera Malang dirasa kurang efektif sebagai alat perencanaan dan pengendalian karena terdapat varians yang sangat besar terhadap realisasi pendapatan jasa. Hal ini disebabkan karena penyusunan target yang ditetapkan terlalu tinggi, perusahaan hanya menggunakan perkiraan tanpa memperhatikan realisasi tahun sebelumnya atau teknik-teknik dalam forecast dan ketidakefektifan kinerja perusahaan akibat keluarnya beberapa karyawan yang bergerak di bidang pemasaran. Karena itu, untuk tahun selanjutnya sebaiknya PT. AJ. Bringin Jiwa Sejahtera Malang dalam menentukan target pendapatan jasa juga harus memperhatikan teknik-teknik dalam forecast  misalnya saja dengan menggunakan metode trend moment serta tanpa meninggalkan kebijaksanaan-kebijaksanaan yang ada agar hasil atau target yang dibuat mendekati realisasi pendapatan jasa.