Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Perlakuan Akuntansi Dana Pensiun PNS Pada PT. Taspen (persero) Cabang Malang

Novarica Sendy

Abstrak


ABSTRAK

 

Sendy, Novarica. 2010. Analisis Perlakuan Akuntansi Dana Pensiun PNS pada PT. Taspen (persero) cabang Malang. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi, Program Diploma Universitas Negeri Malang. Pembimbing: Ika Putri Larasati, S.E. Mcom.

 

Kata Kunci: Perlakuan Akuntansi, Dana Pensiun PNS

 

Sektor publik sebagai pilar ekonomi nasional selain sektor swasta mempunyai fungsi utama untuk memberikan pelayanan kepada publik mencakup semua aspek kegiatan yang berhubungan langsung dengan kehidupan masyarakat Tugas Akhir ini ditulis karena pentingnya proses pencatatan akuntansi atas dana pensiun untuk mencapai instansi keuangan pemerintah yang dapat dipertanggungjawabkan kepada publik khususnya Pegawai Negeri Sipil sebagai penerima hak dana pensiun.

Metode Pengumpulan data yang digunakan yaitu Interview dan dokumentasi. Analisis dilakukan dengan cara menguraikan pedoman akuntansi dana pensiun PNS PT Taspen. Setelah itu dilakukan perbandingan antara teori dengan praktik pada dunia kerja yang diperoleh. Agar dapat bermanfaat maka diperlukan analisis terhadap data yang telah diperoleh untuk mendapatkan gambaran terhadap masalah akuntansi dana pensiun PNS yang dihadapi dalam menyelengarakan program dana pensiun PT. Taspen (persero) cabang Malang.

Hasil analisis menunjukkan bahwa upaya PT Taspen (persero) cabang malang dalam menerapkan akuntansi dana pensiun PNS dapat dilihat dari (1) Kesesuaian penerimaan iuran peserta dana pensiun yang berasal dari iuran peserta, pemberi kerja dan dana pemerintah; (2) Kesesuaian pembayaran manfaat dana pensiun, terdiri dari pembayaran secara langsung maupun pembayaran pada kantor bayar, pengembalian dana pensiun dari kantor bayar dan pertanggungjawaban manfaat dana pensiun Damu II/III; (3) Kesesuaian beban penyelenggaraan dana program pensiun terdiri dari pengakuan beban penyelenggaraan yang ditanggung pemerintah atau ditanggung oleh dana pensiun dan pemberhentian tanpa hak pensiun sesuai dengan pedoman akuntansi dana pensiun PNS PT. Taspen.

Kesesuaian akuntansi PT Taspen (persero) cabang Malang dengan pedoman akuntansi Taspen secara umum mengenai penerimaan iuran peserta, pembayaran manfaat dana pensiun dan beban penyelenggaraan dana sudah sesuai dengan pedoman. Tetapi masih ada perbedaan pada penjurnalan yang mengakibatkan  terlalu lama proses yang dibutuhkan untuk membuat laporan keuangan pada PT Taspen