Tugas Akhir Jurusan Akuntansi - Fakultas Ekonomi UM, 2010

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Value for Money untuk Mengukur Kinerja Keuangan pada RRI Pratama cabang Sumenep

Nizar Eka Pratama

Abstrak


ABSTRAK

 

Pratama, Nizar Eka. 2010..Analisis Value for Money untuk Mengukur Kinerja Keuangan pada RRI Pratama cabang Sumenep. Tugas Akhir, Jurusan Akuntansi Program Studi D-III Akuntansi, Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. Pembimbing, Helianti Utami, SE, M Si, Ak.

 

Kata Kunci: Kinerja keuangan dan Pengukuran kinerja keuangan

 

Tugas akhir (TA) ini bertujuan untuk mengukur kinerja keuangan RRI Pratama cabang Sumenep berdasarkan analisis 3E (Value for Money) yaitu ekonomis, efisiensi dan efektivitas

Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara dan dokumentasi. Pemecahaan masalah yang digunakan yaitu metode deskriptif, yaitu dengan menganalisis Value for Money untuk mengukur kinerja keuangan berdasarkan data-data  pada RRI Pratama cabang Sumenep. Pengukuran kinerja keuangan tersebut menggunakan 3E (Value for Money) yang terdiri atas:ekonomis, efisien dan efektif.

Hasil kajian terhadap kinerja keuangan pada RRI Pratama cabang Sumenep tahun 2009, menunjukkan bahwa pengukuran kinerja keuangan pada RRI Pratama cabang Sumenep hanya pada pencapaian target saja. Setelah melakukan perhitungan kinerja keuangan dengan menggunakan 3E (Ekonomi, Efisiensi, dan Efektivitas) menunjukkan bahwa kinerja keuangan RRI Pratama cabang Sumenep dikatagorikan ekonomis, efektif dan kurang efisien

Hasil penulisan Tugas Akhir (TA) dapat disimpulkan bahwa kinerja keuangan pada RRI Pratama cabang Sumenep ditinjau dari analisis value for money dalam kondisi baik. Saran yang dapat diberikan RRI Pratama cabang Sumenep sebaiknya transparan dalam hal memberi rincian biaya-biaya yang telah dikeluarkan, sehingga memudahkan bagi pihak yang ingin melakukan penilaian dan agar lebih terbuka kepada masyarakat, biar dapat melakukan monitoring kinerja RRI dalam hal keuangan.