SKRIPSI Jurusan Sosiologi - Fakultas Ilmu Sosial UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL SOSIOLOGI MATERI FUNGSI SOSIOLOGI UNTUK MENGENALI GEJALA SOSIAL DI MASYARAKAT KD 3.1 SMA KELAS X

Dede Anggun Pramana

Abstrak


ABSTRAK

 

Modul merupakan salah satu bahan ajar yang efektif digunakan dalam pembelajaran. Hal ini disebabkan karena modul mampu menciptakan pembelajaran yang lebihterencanadenganbaik, mandiri, tuntas, dandenganhasil(output) yang jelas. Selain itu  guru dapat menyusun sendiri komponen pada modul sesuai dengan kebutuhan siswa pada saat pembelajaran. Tujuan pembelajaran yang dicita-citakan oleh pendidikan tentu akan tercapai apabila guru menyusun sendiri bahan ajar untuk siswa. Oleh karena itu, sangat diperlukan pengembangan modul sebagai upaya untuk menunjang pembelajaran sosiologi. Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah 1)MengajaksiswauntukbelajarsambilbermaindenganpengembanganUjiKompetensiberbasispermainan 2)Menyajikangejalasosialberdasarkankenyataan di masyarakatbukanberdasarkancontoh yang imajinatif 3)Mengajaksiswabelajardenganmateri yang sesuaidengantingkatanmereka. 4)Memberikanwawasanbarukepadasiswamelaluimodul yang dikembangkan5)Memberikanreferensibagi guru untukberkreasi, berinovasidalammengembangkanbahan ajar Sosiologi SMA.

Model penelitian yang digunakandalampenelitianiniadalahjenispenelitianpengembanganReseacrh and Develompment (R&D) Borg and Gall modifikasiolehSukmadinata.Terdapat 5 tahapandalam R&D modifikasiolehSukmadinata.Limatahapan tersebut, antara lain sebagaiberikut. 1) Penelitiandanpengumpulan data. Terdapat 4 langkahdalamtahappertamaini, yaitu a) pengukurankebutuhan(needs assessment) b) Studiliteratur c) penelitiandalamskalakecil d)Perencanaan. 2) Pengembanganprodukawal 3) Ujicobadanpenyempurnaanprodukawal 4) Ujicobadanpenyempurnaanproduk yang telahdisempurnakan 5) Pengujianprodukakhir.

Hasil penelitian dan pengembangan ini yaitu 1) guru dan siswa membutuhkan modul untuk menunjang pembelajaran 2)Penelitian dan pengembangan ini menghasilkan modul sosiologi KD 3.1 yaitumemahamipengetahuandasarSosiologisebagaiilmupengetahuan yang berfungsimengkajigejalasosial di masyarakat3)validasimateri 75% dan rata-rata nilaidarivalidasimateriadalah 3, validasi media adalah 88,33% dan rata-rata nilaivalidasi media adalah 3,5,validasibahasaadalah 90,63% dengan rata-rata 3,625, Hasilujicobamodulsosiologikriteriamateri 82,75, kriteriabahasa 85,21% dankriteria media 85,63%. Total presentase yang diperolehdariresponsiswaterhadapmoduladalah 84,2%. Sedangkan rata-rata diperolehpadakriteriamateriadalah 3,31, kriteriabahasaadalah 3,5 dan media adalah 3,43. Total rata-rata responsiswaterhadapmodulsosiologiadalah 3,37.Hasilperhitunganrespon guru sosiologi X IPS yaituIbuAyuYuztiayaitukriteriamateripresentasekriteriamateriadalah 90%, kriteriabahasa 92%, kriteria media 83% sedangkanpresentase total adalah 89%. Hasilperhitungan rata-rata kriteriamateri 3,6, kriteriabahasa 3,67, kriteria media 3,33 sedangkan rata-rata total yang diperolehadalah 3,55. Jadi, dapat disimpulkan bahwa modul sosiologi sangat layak untuk digunakan pada siswa SMA/MA kelas X materi fungsi sosiologi untuk mengenali gejala sosial di masyarakat. Saran untuk peneliti lanjutan yaitu sebagaipengembanglanjutdiharapkanmengembangkanmodulelektronik yang dapatdigunakantanpamencetakmodul mengingat biaya untuk mencetak modul banyak.