Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2018

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

UJI ORGANOLEPTIK BUBBLE DRINK TELUR IKAN SEMBILANG (Plotosus canius)

Dading Bayu Bagaskoro

Abstrak


RINGKASAN

Bagaskoro, Dading Bayu. 2018. Uji Organoleptik Bubble Drink  Telur Ikan Sembilang (Plotosus canius). Tugas Akhir, Program Studi D III Tata Boga, Jurusan Pendidikan Vokasi, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dr. Ir. Soenar Soekopitojo, M.Si., (II) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si.

 

Kata Kunci: Uji Organoleptik, Bubble Drink, Telur ikan

Jika bubble drink pada umumnya tidak memiliki banyak manfaat, maka berbeda dengan bubble drink telur ikan sembilang karena mengandung telur ikan sembilang yang mempunyai banyak manfaat gizi. Tujuan dari penelitian ini adalah mendapatkan formula bubble drink telur ikan sembilang yang tepat, mengetahui tingkat kesukaan panelis terhadap warna, rasa, tekstur, dan aroma bubble drink telur ikan sembilang.

Metode pembuatan bubble drink telur ikan sembilang dengan cara mencuci telur ikan sembilang ikan untuk menghilangkan kotoran yang menempel. Setelah pencucian, dilakukan perendaman dengan arang, proses perendaman dilakukan selama 15 menit. Telur ikan sembilang yang sudah direndam dengan arang direbus hingga matang. Pembuatan adonan bubble drink dilakukan dengan mencampurkan tepung tapioka, air, perasa, dan jelly bubuk. Setelah adonan kalis dilakukan pembentukan dengan cara memasukkan telur ikan sembilang kedalam adonan bubble drink. Bubble drink telur ikan sembilang yang sudah berbentuk bulatan-bulatan, direbus hingga matang. Bubble drink  yang akan dianalisis meliputi uji kesukaan warna, rasa, tekstur aroma, tekstu,, warna. Pengujian dilakukan oleh panelis agak terlatih yaitu mahasiswa D3 Tata Boga 2014 dan S1 Tata Boga 2014 sebanyak 35 panelis. Data yang sudah dianalisis dihitung dengan menggunakan uji persentase. Penghitungan harga jual dilakukan untuk mengetahui harga bubble drink telur ikan sembilang.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa formula yang sesuai untuk  bubble drink telur ikan yaitu formula kedua, dengan komposisi telur ikan sembilang 100 gram, arang 50 gram, tepung tapioka 100 gram, jelly bubuk 10 gram, perasa makanan 7 gram. Formula tersebut menghasilkan bubble drink telur ikan sembilang dengan warna coklat bening, rasa yang tidak amis dan sedikit gurih, memiliki tekstur yang padat dan kenyal, dan memilik aroma mocca. Tingkat kesukaan panelis terhadap warna bubble drink telur ikan sembilang sebanyak 48,6% (agak suka), rasa sebanyak 45,7% (agak suka), tekstur sebanyak 35,7% (agak suka), dan aroma sebanyak 38,6% (agak suka).

Diharapkan peneliti selanjutnya meneliti kandungan gizi bubble drink telur ikan sembilang. Apabila produk bubble drink  telur ikan sembilang ingin dijadikan sebagai peluang usaha sebaiknya memilih kemasan yang lebih ramah lingkungan dan tetap menarik minat konsumen.