Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Entrepreneurship sebagai Muatan Lokal di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu

yasyinta herdiyani

Abstrak


ABSTRAK

 

Herdiyani, Yasyinta. 2017. Entrepreneurship Sebagai Muatan Lokal di SMA Selamat Pagi Indonesia Kota Batu. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd., (II) Dra. Wiwik Wahyuni, M.Pd.

 

Kata Kunci: Entrepreneurship, Muatan Lokal

 SMA Selamat Pagi Indonesia merupakan satu-satunya SMA di  kota Batu yang menerapkan entrepreneurship lengkap dengan laboratoriumnya bernama Kampoeng Kidz. Fokus utama penelitian ini yaitu 1) kebijakan sekolah menerapkan entrepreneurship, 2) struktur kurikulum entrepreneurship, 3) model pembelajaran entrepreneurship, dan 4) sarana prasarana entrepreneurship. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriftif kualitatif

Hasil dari penelitian antara lain kebijakan sekolah mengenai penerapan  entrepreneurship berpedoman sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan Nasional nomor 22 tahun 2006  tentang Standar Isi untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah. Pembelajaran entrepeneurship di SMA Selamat Pagi merupakan muatan lokal sebagai mata pelajaran wajib yang harus diikuti oleh semua peserta didik kelas X, kelas XI dan kelas XII. Pelaksanaan pembelajaran kewirausahaan dilaksanakan pada jam efektif sekolah dengan jumlah jam efektif sekolah dengan jumlah belajar dua jam setiap minggunya tiap jam nya yaitu 45 menit. Struktur Kurikulum Entrepreneurship merupakan muatan lokal di SMA Selamat Pagi Indonesia. Pengembangan langkah-langkah pembelajaran mengacu pada model-model pembelajaran yang diterapkan sesuai kebutuhan. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah bahwa pemilihan pendekatan saintifik atau inkuiri dan penyingkapan (discovery) atau pembelajaran yang menghasilkan karya berbasis pemecahan masalah (project based learning) disesuaikan dengan karakteristik kompetensi dan jenjang pendidikan. Sarana Prasarana yang mendukung kegiatan kewirausahaan di SMA Selamat Pagi Indonesia yaitu Kampoeng Kidz sebagai laboraturium entrepreneurship.

 

Bagi peneliti selanjutnya, disarankan untuk meneliti pengembangan jiwa entrepreneurship pada peserta didik dalam pembelajaran muatan lokal entrepreneurship. Bagi pihak sekolah sebagai bahan referensi untuk  kegiatan pembelajaran entrepreneurship menjadi lebih baik.