Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Preferensi Konsumen terhadap Kuliner Jepang (Survei di Restoran Saboten Shokudo, Dieng, Malang)

Zahrotun Nurul Fajriyah

Abstrak


ABSTRAK

 

Fajriyah, Zahrotun Nurul. 2017. Preferensi Konsumen terhadap Kuliner Jepang (Survei di Restoran Saboten Shokudo, Dieng, Malang). Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing : (I) Dra. Teti Setiawati, M.Pd. (II) Dr. Dra. Rina Rifqie Mariana, M.P.

 

Kata Kunci : Preferensi, Kuliner Jepang.

Kuliner Jepang menjadi salah satu kuliner yang berkembang di Malang. Oleh karena itu, banyak pengusaha memilih untuk menjual kuliner Jepang di kota Malang. Pemilihan menu makanan menjadi salah satu hal yang penting dalam mengembangkan usaha makanan. Penelitian preferensi akan memberikan informasi mengenai pilihan makanan konsumen. Dengan demikian, penelitian preferensi makanan diperlukan oleh pengusaha sebagai pertimbangan dalam menentukan menu makanan usahanya. Namun, hingga saat ini belum ada informasi dan penelitian detail mengenai preferensi konsumen terhadap kuliner Jepang. Restoran Saboten Shokudo dipilih sebagai tempat penlitian karena merupakan restoran khas Jepang di kota Malang.

Penelitian ini bertujuan untuk mendekripsikan karakter konsumen kuliner Jepang di restoran Saboten Shokudo Dieng Malang, tingkat kesukaan konsumen terhadap kuliner Jepang berdasarkan jenis kuliner Jepang, dan alasan konsumen mengkonsumsi kuliner Jepang berdasarkan jenis kuliner Jepang.

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini sebanyak 100 orang yang merupakan pembeli dan orang yang mengkonsumsi kuliner Jepang di Saboten Shokudo saat pengambilan data. Teknik pengambilan sampel menggunakan  judgment sampling.

 

Hasil penelitian menunjukkan konsumen kuliner Jepang di restoran Saboten Shokudo didominasi oleh perempuan, mayoritas status pekerjaannya adalah mahasiswa, dan mayoritas bertempat tinggal di kota Malang. Hasil penelitian menunjukkan preferensi konsumen terhadap kuliner Jepang yang dijual restoran Saboten Shokudo dari yang paling disuka adalah pertama ramen, kedua katsu, ketiga sushi, dan keempat donburi. Alasan konsumen dalam mengkonsumsi ramen dari alasan paling utama adalah pertama rasa, kedua aroma, ketiga tampilan, keempat tekstur, dan kelima harga. Alasan konsumen dalam mengkonsumsi katsu dari alasan paling utama adalah pertama rasa, kedua tekstur, ketiga aroma, keempat tampilan, dan kelima harga.  Alasan konsumen dalam mengkonsumsi sushi dari alasan paling utama adalah pertama rasa, kedua tekstur, ketiga aroma, keempat tampilan, dan kelima harga.  Alasan konsumen dalam mengkonsumsi donburi dari alasan paling utama adalah pertama rasa, kedua aroma, ketiga tekstur, keempat tampilan, dan kelima harga.