Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Serat Pangan (Dietary Fiber), Sifat Fisik dan Organoleptik Otak-Otak Ikan Tenggiri Dengan Penambahan Krokot (Portulaca oleracea L)

Irbat Novrian Rezka

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini meneliti tentang pengaruh pengolahan yang berbeda pada krokot yang akan ditambahkan pada produk otak-otak yang terbuat dari ikan tenggiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kandungan serat, kekenyalan,  uji hedonik, dan mutu hedonik pada otak-otak ikan tenggiri dengan penambahan krokot.

Rancangan penelitian ini adalah Rancangan Acak Lengkap dengan dua perlakuan dan dua kali pengulangan dengan formula yang sama tetapi berbeda dalam pengolahan krokot sebelum ditambahkan pada bahan yang lain. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan uji dua sampel (uji t), sedangkan data uji hedonik dan mutu hedonik diperoleh dengan uji sampel menggunakan panelis agak terlatih sebanyak 30 orang.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan pada otak-otak dengan penambahan krokot di blancing dan di kukus. Pada pengujian serat pangan otak-otak ikan tenggiri dengan penambahan krokot di blancing dan di kukus tidak memiliki perbedaan. Pada pengujian kekenyalan otak-otak ikan tenggiri dengan penambahan krokot di blancing dan di kukus tidak memiliki perbedaan. Pada pengujian hedonik rasa otak-otak ikan tenggiri dengan penambahan krokot di blancing dan di kukus tidak memiliki perbedaan. Pada pengujian hedonik warna otak-otak ikan tenggiri dengan penambahan krokot di blancing dan di kukus tidak memiliki perbedaan. Pada pengujian hedonik tekstur otak-otak ikan tenggiri dengan penambahan krokot di blancing dan di kukus tidak memiliki perbedaan. Pada pengujian mutu hedonik rasa otak-otak ikan tenggiri dengan penambahan krokot di blancing dan di kukus tidak memiliki perbedaan. Pada pengujiian mutu hedonik warna otak-otak ikan tenggiri dengan penambahan krokot di blancing dan di kukus tidak memiliki perbedaan.