Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Dan Kesiapan Berwirausaha di Bidang Jasa Boga Siswa Kelas XII MAN 3 Malang

Yulia Yulia

Abstrak


ABSTRAK

 

Yulia. 2017. Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Tata Boga Dan Kesiapan Berwirausaha di Bidang Jasa Boga Siswa Kelas XII MAN 3 Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes., (II) Ir. Issutarti M.P.

 

Kata Kunci: Keterampilan Tata Boga, Kesiapan Berwirausaha

Lulusan  MAN 3 Malang banyak yang tidak dapat melanjutkan ke jenjang pendidikan yang lebih tinggi. MAN 3 menyajikan keterampilan untuk membekali siswanya dengan keterampilan tata Boga. Fokus pada penelitian ini adalah mengetahui kebijakan sekolah, pelaksanaan pembelajaran ketrampilan tata boga ditinjau dari aspek kurikulum, ketersediaan sarana prasarana, dan  kesiapan siawa dalam berwirausahan setelah pembelajaran Ketrampilan Tata Boga di MAN 3 Malang.

Penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Sumber data adalah Kepala Sekolah, guru Tata Boga dan Siswa di MAN 3 Malang. Penelitian ini dilakukan MAN 3 Malang. Prosedur pengumpulan data adalah wawancara, observasi, dokumentasi  dan Brainstorming. Data di analisis secara desktiptif.

Dari hasil penelitian diketahui bahwa kebijakan sekolah di MAN 3 Malang menetapkan Tata Boga sebagai muatan lokal karena disesuaikan dengan pembangunan jalur lintas selatan di Donomulyo. Kurikulum yang di gunakan kurikulum SMK dengan alokasi waktu yang kurang sesuai. Waktu yang di gunakan 2 jam pelajaran untuk kelas XI dan XII dan 6 jam pelajaran untuk kelas X. Implementasi kurikulum di MAN 3 Malang menggunkan kurikulum 2013, RPP dan silabus yang digunakan mengacu pada RPP dan silabus SMK.  Bahan ajar yang digunakan guru untuk kegiatan belajar mengajar keterampilan tata boga menggunakan BSE dan sumber lain sebagai pendukung. Ketersediaan sarana dan prasarana di MAN 3 Malang sebagai penunjang kesiapan siswa dalam berwirausaha masih kurang memadai. Jumlah dan kondisi laboratorium keterampilan tata boga di MAN 3 Malang dan ketersedian peralatan praktik pada laboratorium masih kurang memadai untuk jumlah siswa yang ada pada MAN 3 Malang. Kesiapan berwirausaha masih kurang dibidang keterampilan. Aspek sikap  pada umumnya siswa sudah mempunyai sikap siap untuk berwirausaha. Beberapa aspek sikap seperti keberanian menjual dan berani memimpin masih sangat kurang.

 

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah kesiapan siswa untuk berwirausaha masih kurang karena faktor pendukung pembelajaran masih kurang memadai. Saran materi yang disampaikan harus disesuaikan dengan keadaan daerah Donomulyo dan alokasi waktu yang tersedia.