Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN BAHAN AJAR PENGOLAHAN DAN PENYAJIAN MAKANAN INDONESIA BERBASIS EDMODO PADA KELAS XI PAKET KEAHLIAN JASA BOGA

Enggar Nilam Prahestyningrum

Abstrak


ABSTRAK

 

Prahestyningrum, Enggar Nilam. 2017. Pengembangan Bahan Ajar Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia berbasis Edmodo pada Kelas XI Paket Keahlian Jasa Boga. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes, (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci : Bahan Ajar, Pengolahan dan Penyajian Makanan Indonesia,

Edmodo.

Pengembangan bahan ajar pengolahan dan penyajian makanan Indonesia berbasis Edmodo dilaksanakan  pada kelas XI jasa boga 1 dan XI jasa boga 2, paket keahlian jasa boga, program studi tata boga di SMK Negeri 1 Cerme Gresik. Pengembangan ini bertujuan untuk menguji kualitas bahan ajar yang diaplikasikan pada Edmodo. Desain penelitian dan pengembangan yang digunakan terdiri dari beberapa tahapan antara lain potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba produk dan revisi produk. Desain pembelajaran menggunakan model ADDIE sebagai desain penyusunan bahan ajar yang terdiri dari analyze, design, development, implementation dan evaluation.

 

Hasil validasi terhadap kelayakan bahan ajar pengolahan dan penyajian makanan Indonesia yang disajikan dalam bentuk pdf  dan diunggah pada Edmodo ini memiliki hasil penilaian oleh ahli validasi materi (dosen) terhadap materi yang disajikan dalam bahan ajar pengolahan dan penyajian makanan Indonesia berbasis Edmodo, mendapatkan persentase 84,3% dari ahli materi (dosen) yang artinya materi yang disajikan dalam pengembangan bahan ajar ini sangat valid dan tidak revisi, sedangkan hasil penilaian oleh ahli validasi materi (guru) terhadap materi yang disajikan dalam bahan ajar pengolahan dan penyajian makanan Indonesia menggunakan Edmodo, memperoleh persentase 86,45% yang artinya sangat valid dan tidak revisi. Penilaian oleh ahli media pada materi yang disajikan dalam bahan ajar pengolahan dan penyajian makanan Indonesia berbasis Edmodo, memperoleh persentase 85,4% yang artinya sangat valid dan tidak revisi.  Penilaian oleh ahli bahasa pada pada materi yang disajikan dalam bahan ajar pengolahan dan penyajian makanan Indonesia berbasis Edmodo, memperoleh persentase 87,5% yang artinya valid dan tidak revisi. Kesimpulan pada pembelajaran ini telah memenuhi syarat yang ditinjau dari kesesuaian materi, kemudahan penggunaan media, dan kesesuaian tata tulis dan tata bahasa.