Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS KANDUNGAN PROKSIMAT DAN MUTU "WEDANG TEKI" (Cyperus rotundus L.) SELAMA PENYIMPANAN

Bayu Rakka Saputra

Abstrak


ABSTRAK

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama penyimpanan dengan suhu rendah terhadap kandungan proksimat dan mutu pada minuman wedang teki. Uji mutu yang diteliti meliputi pH, total padatan serta sifat fisik warna pada minuman wedang teki. Penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan enam perlakuan. Data dianalisis menggunakan uji ANOVA dilanjutkan dengan uji DMRT.

 

Analisa kadar protein wedang teki berbeda nyata dengan terlihat mengalami kerusakan pada minggu ke 4. Kadar lemak, kadar air, serat kasar, kadar karbohidrat wedang teki berbeda nyata dengan terlihat mengalami kerusakan pada minggu ke 3. Kadar abu wedang teki tidak terdapat pengaruh dengan lama penyimpanan suhu rendah. Nilai dari uji mutu pH dan total padatan berbeda nyata dengan terlihat mengalami kerusakan pada minggu ke 3. Sifat fisik warna L yang menyatakan tingkat kecerahan dengan nilai tertinggi 89,05 dan mengalami perubahan warna pada lama penyimpanan minggu ke 4, (a+) menyatakan tingkat kemerahan wedang teki dengan nilai tertinggi 16,57 dan mengalami perubahan warna pada lama penyimpanan minggu ke 3, dan (b+) tingkat kekuningan dengan nilai tertinggi -73,80 dan mengalami perubahan warna pada lama penyimpanan minggu ke 4. Nilai tersebut menunjukkan dominasi warna minuman wedang teki adalah kuning gelap atau kecoklatan.

 

Wedang teki dengan lama penyimpanan suhu rendah dinyatakan mengalami kerusakan pada minggu ke 3, sehingga produk wedang teki dapat dikonsumsi hingga penyimpanan minggu ke 2 dengan suhu 4˚C.