Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

ANALISIS PROKSIMAT DAN KALSIUM PADA KUE SEMPRIT TEPUNG KEDELAI SEBAGAI ALTERNATIF MAKANAN TAMBAHAN BALITA

nirmala prafitri

Abstrak


ABSTRAK

 

Kekurangan gizi pada anak-anak merupakan akibat dari kurangnya kalori dan protein, yang terjadi karena kurang mendapat asupan makanan.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sifat mutu hedonik (warna, rasa, dan aroma), mengetahui kandungan proksimat (protein, karbohidrat, lemak, air, dan abu), dan mengetahui kandungan kalsium yang terdapat pada kue semprit tepung kedelai.

Penelitian ini menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan formula A (60%), B (80%), C (100%) dan dilakukan dua kali pengulangan. Data hasil analisis kandungan proksimat (protein, karbohidrat, lemak, air, dan abu), kandungan kalsium, dan sifat mutu hedonik dianalisis secara statistik menggunakan ANOVA dan dilanjutkan dengan Duncan’s Multiple Range Test (DMRT) jika terdapat perbedaan.

 

Hasil penelitian mutu hedonik kue semprit tepung kedelai menunjukkan terdapat perbedaan warna, rasa, dan aroma. Warna, rasa, dan aroma tertinggi kue semprit tepung kedelai terdapat pada formula I (60%). Kandungan protein, lemak, air, dan abu tertinggi terdapat pada formula III (100%), kandungan karbohidrat tertinggi terdapat pada formula I (60%), dan kandungan kalsium tertinggi terdapat pada formula III (100%). Kue semprit tepung kedelai yang baik digunakan sebagai alternatif makanan tambahan balita yaitu formula B (80%).