Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Identifikasi Makanan Khas Banyuwangi

Ananta Yurinda

Abstrak


ABSTRAK

 

Banyuwangi merupakan Kabupaten yang berada di ujung timur Pulau Jawa yang memiliki beraneka macam jenis makanan khas dengan bahan baku dan bumbu yang khas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengidentifikasi makanan, bahan baku, bumbu, dan teknik pengolahan pada makanan khas Banyuwangi.

Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Informan untuk penelitian ini adalah penjual makanan khas Banyuwangi dan pembuat makanan khas Banyuwangi dalam hal ini adalah ibu-ibu rumah tangga dari Suku Osing.

 

Hasil penelitian ini adalah: (1) makanan khas Banyuwangi meliputi makanan pokok yang terdiri dari sego tempong dan sego cawuk; lauk pauk yang terdiri dari pecel pithik, ayam pedas, jangan kesrut, pindang koyong, pindang gendam, pindang telur, brengkesan ikan laut; makanan sepinggan yang terdiri dari pecel rawon dan rujak soto. (2) bahan baku yang digunakan untuk makanan khas Banyuwangi terdiri dari bahan hewani (ayam kampung, berbagai jenis ikan laut, telur ayam, daging sapi) dan nabati (yaitu berbagai sayuran untuk hidangan pecel rawon dan rujak soto; (3) bumbu yang digunakan pada makanan khas Banyuwangi terdiri dari bawang merah, bawang putih, kemiri, lengkuas, jahe, kunyit, cabai rawit, kencur, serai, daun bawang, ketumbar, daun jeruk, daun salam, seledri,dan dua bumbu khas Banyuwangi yaitu asam wadung dan tomat ranti; (4) teknik pengolahan makanan khas Banyuwangi terdiri dari merebus, mengukus, menggoreng, membakar, menumis, dan satu teknik pengolahan khas Banyuwangi yaitu gendam.