Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Rasio Rimpang Rumput Teki (Cyperus rotundus L.) dengan Jahe Terhadap Kapasitas Antioksidan dan Mutu Wedang Teki Instan

Nurwikan Sutralestari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sutralestari, Nurwikan. 2017. Pengaruh Rasio Rimpang Rumput Teki (Cyperus rotundus L.) dengan Jahe Terhadap Kapasitas Antioksidan dan Mutu Wedang Teki Instan. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Mazarina Devi, M.Si, (II) Dr. Ir. Soenar Soekopitojo, M.Si.

 

Kata Kunci: rimpang rumput teki, wedang teki instan, kapasitas antioksidan, mutu wedang

 

Rumput teki yang dianggap sebagai tanaman gulma memiliki khasiat yang baik dari bagian rimpangnya. Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh proses pengolahan wedang teki instan, mengetahui kapasitas antioksidan serta mutu (rendemen, waktu rehidrasi, sifat fisik warna, dan uji hedonik) wedang teki instan dengan rasio rimpang rumput teki dan jahe 1 : 1 ½, 1 : 2, dan 1 : 2 ½ (b/b).

Jenis penelitian yang dilakukan merupakan penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua kali pengulangan. Data hasil analisis diuji menggunakan ANOVA (Analysis of Variances) dan dilanjutkan dengan uji Duncan’s.

Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa tahapan dalam proses pembuatan wedang teki instan terdiri dari pemilihan bahan (sortasi), pembersihan bahan, pencucian, penimbangan bahan, blansir, penghancuran dan pemarutan, pemerasan dan penyaringan, proses pemasakan, pengecilan ukuran serbuk, serta pengayakan. Wedang teki instan dengan rasio rimpang rumput teki dan jahe yang berbeda berpengaruh terhadap kapasitas antioksidan, waktu rehidrasi, sifat fisik warna, serta uji hedonik rasa dan warna. Kapasitas antioksidan tertinggi diperoleh dari wedang teki instan dengan rasio rimpang rumput teki dan jahe 1 : 2 ½. Waktu rehidrasi tercepat diperoleh dari wedang teki instan dengan rasio rimpang rumput teki dan jahe 1 : 1 ½. Sifat fisik warna paling cerah diperoleh dari wedang teki instan dengan rasio rimpang rumput teki dan jahe 1 : 1 ½. Skor uji hedonik rasa tertinggi diperoleh dari wedang teki instan dengan rasio rimpang rumput teki dan jahe 1 : 2 ½. Skor uji hedonik warna tertinggi diperoleh dari wedang teki instan dengan rasio rimpang rumput teki dan jahe 1 : 1 ½.