Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Media Flannelgraph Sebagai Media Pelatihan Gizi Seimbang Variasi Non Beras Bagi Ibu Balita

Mochamad Cahya Yunidar

Abstrak


ABSTRAK

 

Yunidar, Mochamad Cahya. 2017. Pengembangan Media FlannelgraphSebagai Media Pelatihan Gizi Seimbang Variasi Non Beras Bagi Ibu Balita.Skripsi, JurusanTeknologiIndustri, FakultasTeknik, UniversitasNegeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. NunungNurjanah, M.Kes., (II) Dra. TetiSetiawati, M.Pd.

 

Kata Kunci:media flannelgraph, media pelatihan gizi seimbang, variasi non beras.

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkanmedia flannelgraph yang digunakan untuk pelatihan gizi Ibu Balita yang memiliki kelayakan isi, dan penyajian media. Model penelitian dan pengembangan media flannelgraph gizi seimbang ini menggunakan pengembangan Research Development yang dikembangkan oleh Sugiyono. Tahap petama yaitu  mengidentifikasi potensi dan masalah yang ada, selanjutnya pada tahap kedua melakukan pengumpulan data yang dapat dijadikan dasar untuk menentukan kebutuhan pengembangan media flannelgraph.Tahap ketiga yaitu pembuatan desain produk media flannelgraph dan penyusunan materi yang digunakan, kemudian melakukan tahap keempat yaitu validasi media flannelgraph gizi seimbang oleh validator desain dan validator materi. Tahap kelima melakukan perbaikan desain sesuai hasil validasi media dan materi. Tahap keenam melakukan uji coba produk media flannelgraph gizi seimbang pada kelompok kecil yaitu 10 orangibu balita, tahap ketujuh adalah revisi produk yang telah diujicobakan pada kelompok kecil. Tahap kedelapan yaitu melakukan ujicoba pemakaian media flannelgraph gizi seimbang pada kelompok besar yaitu 25 orang ibu balita, tahap kesembilan yaitu tahapan revisi produk akhir setelah dilakukan ujicoba produk, dan analisis data yang terkumpul.Instrumen pengumpulan data hasil ujicoba menggunakan lembar penilaian produk. Data ujicoba yang dihasilkan berupa data kuantitatif yang dihasilkan dari skor lembar penilaian dan data kualitatif yang dihasilkan dari saran dan komentar responden. Analisis data yang digunakan untuk menghitung perolehan skor adalah persentase.

Hasil validasi materi menunjukkan bahwa media flannelgraph gizi seimbang sangat valid dan tidakrevisi dengan persentase96% dan saran khusus untuk materi lauk hewani dan nabati sesuaikan dengan DKBM. Hasil validasi media menunjukkan bahwa media flannelgraph gizi seimbang sangat valid dan tidak revisi dengan persentase 94,29% dan saran gambar-gambar yang ditampilkan ukurannya bisa lebih diperbesar untuk kebutuhan kelas, perekat/velcrow bisa diperbesar sehingga gambar tidak mudah jatuh. Hasil ujicoba pada kelompok kecil dengan persentase 87,2%. Hasil ujicoba pemakaian pada kelompok besar dengan persentase 92,64%. Kesimpulan hasil pengembangan Media Flannelgraph Gizi Seimbang untuk Pelatihan Gizi Ibu Balita di Posyandu ini telah memenuhi syarat, baik ditinjau dari segi materi/isinya pada aspek kesesuaian materi dengan konsep yang digunakan, maupun tinjauan dari segi media pada aspek tampilan dan desain media flannelgraph gizi seimbang.