Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Higiene Sanitasi Laboratorium Pengolahan Makanan SMK Negeri 2 Jombang

HERSIANA RIZKI UTAMI

Abstrak


ABSTRAK

 

Penerapan perilaku higiene sanitasi yang sesuai standar dalam jasa boga merupakan faktor pendukung bagaimana kegiatan praktik di laboratorium pengolahanan makanan dapat berjalan tanpa hambatan. Hal ini sangat penting dimiliki oleh setiap individu yang bekerja di laboratorium pada bidang jasa boga, karena berhubungan langsung dengan alat-alat dan bahan makanan mentah maupun matang yang dapat memicu bahaya apabila dalam proses pengolahan makanan di laboratorium lalai atau menyalahi prosedur higiene sanitasi yang ada.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui kondisi higiene sanitasi laboratorium pengolahan makanan SMK Negeri 2 Jombang. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 2 Jombang. Sumber data dalam penelitian ini adalah laboratorium pengolahan makanan SMK Negeri 2 Jombang, satu guru praktik makanan Indonesia, dan 32 siswa yang sedang praktik. Prosedur pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi.

Hasil penelitian menyatakan bahwa fasilitas higiene yang dimiliki laboratorium pengolahan makanan SMK Negeri 2 Jombang yaitu tempat cuci tangan, tempat cuci peralatan yang digunakan jadi satu untuk tempat cuci bahan makanan, tempat sampah, peralatan dapur, peralatan pencegah serangga dan tikus. Higiene penjamah makanan di SMK Negeri 2 Jombang yang telah diterapkan pada saat praktik adalah penggunaan kacu, penggunaan jas laboratorium, penggunaan celemek, penggunaan lap, penggunaan sepatu. Sanitasi bangunan laboratorium pengolahan makanan yang meliputi saluran pembuangan air, air, lantai ruangan, meja penunjang, dinding ruangan, langit-langit ruangan, ventilasi ruangan, kondisi cahaya ruangan seluruh fasilitas dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik.

Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh kesimpulan bahwa Fasilitas higiene dalam kondisi baik namun masih ada fasilitas higiene yang jumlah dan kelengkapan penunjangnya masih terbatas. Namun dalam hal penggunaan topi masih ada siswa yang tidak tertib dalam menggunakan topi atau penutup kepala saat praktik di dalam ruangan laboratorium pengolahan makanan. Sanitasi bangunan laboratorium pengolahan makanan SMK Negeri 2 Jombang seluruh fasilitasnya dalam kondisi baik dan berfungsi dengan baik.

 

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan melakukan perbaikan dan penambahan fasilitas cuci tangan di dalam ruangan laboratorium pengolahan makanan dan menambah kelengkapan cuci tangan. Melakukan penambahan fasilitas dan kelengkapan tempat cuci bahan makanan. Melengkapi alat perangkap serangga dan tikus.