Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengembangan Modul Mata Pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan Kelas X Jasa Boga SMK(Implementasi Contextual Teaching And Learning Dan Pendekatan Saintifik)

ERA RIA SOFIA HARTANTI

Abstrak


ABSTRAK

 

Mata pelajaran Pengetahuan Bahan Makanan memberikan sumbangsih terhadap semua mata pelajaran produktif yang berkaitan dengan dasar pemilihan, penyiapan, pengolahan, penyajian, penyimpanan, dan pengawetan bahan makanan. Sumber belajar utama berupa hand out, internet dan catatan siswa dari materi yang disampaikan guru atau kelompok siswa melalui media Power Point serta kurangnya bahan ajar cetak untuk siswa kelas X Jasa Boga SMK Negeri 1 Batu. Untuk itu diperlukan bahan ajar cetak berupa modul untuk mendukung proses pembelajaran di kelas.

Pengembangan modul ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Modul pada Kompetensi Dasar Pengetahuan Bahan Makanan kelas X Jasa Boga semester genap di SMK Negeri 1 Batu implementasi Contextual Teaching and Learning dan Pendekatan Saintifikuntuk SMK Paket Keahlian Jasa Boga kelas X semester genap yang memiliki kelayakan isi, penyajian, dan bahasa.

Model penelitian dan pengembangan menggunakanmodel pengembangan Sugiyono dan desain instruksional Smith and Ragan. Instrumen pengumpulan data menggunakan angket uji produk berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Analisis data untuk menghitung perolehan skor adalah persentase.

Hasil validasi materi menunjukkan bahwa modulsangat valid dan tidak revisi dengan persentase95% dengan saran memperbaiki beberapa isi modul, bahasa, dan penempatan gambar. Hasil validasi media menunjukkan bahwa modul sangat valid dan tidak revisi dengan persentase 94%dan saran mengoptimalkan sampul depan desain visualnya. Hasil validasi bahasa menunjukkan bahwa modul sangat valid dan tidak perlu revisi dengan persentase 86%dan saran memperbaiki ejaan sesuai PUEBI. Hasil uji coba produk yakni 6 siswadengan persentase 80%. Hasil uji pemakaian yakni 80 siswa dengan persentase 89.4%.

 

Kesimpulan hasil pengembangan modul ini telah memenuhi syarat dari sisi materi/isinya pada aspek kesesuaian materi dengan silabus, dan kurikulum, sisi bahasa yang digunakan pada aspek tata bahasa dan tata tulis maupun tinjauan dari sisi media pembelajaran pada aspek tampilan dan desain modul.