Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

HUBUNGAN PERSEPSI MAHASISWA TENTANG SARANA DAN PRASARANA LABORATORIUM PASTRY DENGAN HASIL BELAJAR PRAKTIKUM MATAKULIAH TEKNOLOGI PENGOLAHAN PATISERI (Studi pada Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Tata Boga Angkatan 2014 OFF A Universitas Negeri Malang)

Lintang Manik Anggraini

Abstrak


ABSTRAK

 

Anggraini, Lintang Manik. 2017. Hubungan Persepsi Mahasiswa tentang Sarana dan Prasarana Laboratorium Pastry dengan Hasil Belajar Praktikum Matakuliah Teknologi Pengolahan Patiseri. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Laili Hidayati, S.Pd., M.Si (2) Dr. Dwi Agus Sudjimat, S.T, M.Pd.

 

Kata Kunci: persepsi, sarana, prasarana, hasil belajar.

 

Keberadaan laboratorium penting untuk  Program Studi S1 Pendidikan Tata Boga sebagai tempat untuk melatih keterampilan mahasiswa dalam mengolah makanan. Persepsi atau tanggapan mahasiswa tentang sarana dan prasarana laboratorium pastry pada setiap mahasiswa berbeda sesuai dengan pengalaman dan tingkat pemahaman masing-masing. Persepsi mahasiswa mengenai sarana dilihat dari jumlah, kondisi dan ketepatan penggunaan sarana, sedangkan prasarana dilihat dari kondisi dan kenyamanan penggunaan prasarana pada laboratorium pastry yang telah digunakan untuk praktikum mata kuliah Teknologi Pengolahan Patiseri. Persepsi mahasiswa mengenai sarana dan prasarana dapat dijadikan tolak ukur dalam memahami proses pembelajaran mata kuliah tersebut sedangkan hasil belajar dapat dijadikan sebagai tolak ukur pada keberhasilan suatu pembelajaran.

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui (a) hubungan antara persepsi mahasiswa tentang sarana laboratorium pastry dengan hasil belajar praktikum Matakuliah Teknologi Pengolahan Patiseri, (b) hubungan antara persepsi mahasiswa tentang prasarana laboratorium pastry dengan hasil belajar praktikum Matakuliah Teknologi Pengolahan Patiseri, (c) hubungan antara persepsi mahasiswa tentang sarana dan prasarana laboratorium pastry dengan hasil belajar praktikum Matakuliah Teknologi Pengolahan Patiseri.

Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan rancangan penelitian korelasional. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linear berganda. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Universitas Negeri Malang S1 Pendidikan Tata Boga tahun angkatan 2014 Offering A dengan jumlah mahasiswa 31 orang yang seluruhnya dijadikan sampel penelitian.

Hasil penelitian adalah: (1) ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang sarana laboratorium pastry dengan hasil belajar praktikum Matakuliah Teknologi Pengolahan Patiseri dengan kontribusi hubungan yang ditimbulkan oleh sarana laboratotium pastry sebesar 39,5%; (2) ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang prasarana laboratorium pastry dengan hasil belajar praktikum Matakuliah Teknologi Pengolahan Patiseri dengan kontribusi hubungan yang ditimbulkan oleh prasarana laboratotium pastry sebesar 38,9%; (3) ada hubungan yang signifikan antara persepsi mahasiswa tentang sarana dan prasarana laboratorium pastry dengan hasil belajar praktikum Matakuliah Teknologi Pengolahan Patiseri dengan kontribusi pengaruh yang ditimbulkan oleh sarana dan prasarana laboratotium pastry sebesar 78,4%.