Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Terhadap Soft Skill Siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang

Ria Cahya Mustika

Abstrak


ABSTRAK

 

Mustika, Ria Cahya. 2017. Pengaruh Praktik Kerja Lapangan Terhadap Soft Skill Siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Nunung Nurjanah, M.Kes., (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: Praktik Kerja Lapangan (PKL), Soft Skill

Praktik kerja lapangan (PKL) adalah serangkaian pembelajaran praktik yang pelaksanaannya di dunia usaha atau dunia industri (DU/DI) dan dilakukan oleh siswa SMK di Kota Malang, sebagai upaya untuk memperoleh keterampilan bekerja dan bersikap dalam rangka menghadapi dunia kerja. Praktik kerja lapangan (PKL) dipengaruhi oleh soft skill setiap individu. Soft skill adalah serangkaian keterampilan non akademik meliputi mampu berkomunikasi secara tertulis, berpikir kritis, memecahkan masalah, dan keterampilan memahami antar pribadi yang dimiliki oleh siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh praktik kerja lapangan (PKL) terhadap soft skill siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang serta mengetahui faktor yang paling mewakili soft skill.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang bertujuan mendeskripsikan seberapa besar pengaruh pengalaman praktik kerja lapangan (PKL) sebagai variabel bebas terhadap soft skill siswa SMK. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang yang yang sudah melaksanakan praktik kerja lapangan (PKL) dengan jumlah sampel 127 responden. Pengambilan sampel menggunakan proposional random sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis regresi linier sederhana dan analisis faktor.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa praktik kerja lapangan (PKL) berpengaruh terhadap soft skill (keterampilan komunikasi tertulis, keterampilan berpikir kritis, keterampilan pemecahan masalah, dan keterampilan memahami antar pribadi) siswa SMK Bidang Keahlian Jasa Boga di Kota Malang sebesar 50,5%. Keterampilan pemecahan masalah merupakan faktor yang paling mewakili soft skill dengan nilai ekstraksi sebesar 93,6%, dibandingkan keterampilan komunikasi berpikir kritis sebesar 88,4%, keterampilan, keterampilan memahami antar pribadi sebesar 76,2%, dan keterampilan komunikasi tertulis sebesar 73,9%.