Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Uji Organoleptik dan Uji Fisik Rengginang Beras Merah dan Rengginang Beras Ketan Putih

Retty Yulanda Gadis Permata Sari

Abstrak


ABSTRAK

 

Sejak dulu rengginang terbuat dari beras ketan putih saja, dan tidak ada inovasi. Beras merah memiliki efek kesehatan yang jauh lebih baik dibandingkan beras ketan putih dan beras merah memiliki serat yang cukup tinggi. Tujuan penelitian ini adalah memghasilkan formula rengginang beras merah,uji hedonik dan mutu hedonik dan tingkat pengembangan rengginang beras merah dan rengginang beras ketan putih.

Jenis penelitian ini adalah penelitian exsperimen pada rengginang beras merah dan rengginang beras ketan putih. Pengamatan dilakukan terhadap sifat hedonik dan mutu hedonik, serta tingkat pengembangan rengginang beras ketan putih.

Hasil penelitian ini adalah formula rengginang beras merah 100 gram 2gram garam, air dan minyak goreng secukupnya. Konsumen yang menyatakan rasa rengginang beras merah gurih 40% dan yang menyatakan rasa rengginang beras ketan putih gurih 64%. Konsumen yang menyatakan tekstur rengginang beras merah renyah 43% dan yang menyatakan tekstur rengginang beras ketan putih gurih 70%. Tingkat kesukaan konsumen terhadap warna rengginang beras merah: 46% suka 43% cukup suka 10% biasa saja 1% kurang suka dan tingkat kesukaan konsumen terhadap warna rengginang beras ketan putih: 76% suka 17% cukup suka 7% biasa saja dan tidak ada konsumen yang kurang suka maupun tidak suka terhadap rengginang ketan putih. Tingkat kesukaan konsumen terhadap rasa rengginang beras merah:36% suka 35% cukup suka 27% biasa saja 1% kurang suka 1% tidak suka, dan tingkat kesukaan konsumen terhadap rasa rengginang beras ketan putih:66% suka 29% cukup suka 5% biasa saja dan tidak ada konsumen yang kurang suka maupun tidak suka terhadap rengginang beras ketan putih.Tingkat kesukaan konsumen terhadap tekstur rengginang beras merah:  49% suka 42% cukup suka 8% biasa saja 1% kurang suka dan tida ada konsumen yang tidak suka terhadap tekstur rengginang beras merah. Tingkat kesukaan konsumen terhadap tekstur rengginang beras ketan putih: 71% suka 24% cukup suka 5% biasa saja dan tidak ada konsumen yang kurang suka maupun tidak suka terhadap tekstur rengginang beras ketan putih. Volume pengembangan rata-rata rengginang beras merah 134,5% dan volume pengembangan rata-rata rengginang beras ketan putih 150%

Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah konsumen lebih menyukai rengginang beras ketan putih dibandingkan dengan rengginang  beras merah.