Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Penerapan Cara Produksi Makanan Yang Baik (CPMB) Pada Pengolahan Di Dapur Pusat Produksi Bakso Kota Cak Man Malang

Neny Ratnasari

Abstrak


ABSTRAK

 

Malang merupakan salah satu kota yang terkenal dengan kuliner bakso. salah satu yang unggul adalah Bakso Kota Cak Man. Bakso Kota Cak Man memiliki banyak cabang yang tersebar di seluruh kota di Indonesia. Cara produksi makanan yang baik (CPMB) merupakan suatu pedoman yang menjelaskan cara produksi makanan agar bermutu, aman, dan layak dikonsumsi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsiskan penerapan Cara Produksi Makanan yang Baik (CPMB) di Dapur Pusat Produksi Bakso Kota Cak Man Malang meliputi: pemilihan bahan baku, penyimpanan bahan baku, pengolahan, penyimpanan bahan masak, pegangkutan dan penyajian.

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Sumber data diperoleh dari wawancara 3 orang informan, yaitu: pimpinan BKCM, Manajer Operasional Produk, dan karyawan. Teknik pengumpulan data dalam peneltian ini dilakukan dengan cara: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara interaktif dengan langkah-langkah: pengumpulan data, reduksi data, display data, verivikasi dan menarik kesimpulan.

Pemilihan bahan baku di Dapur Pusat Produksi Bakso Kota Cak Man sudah sesuai dengan syarat CPMB, tempat penyimpanan bahan baku sudah sesuai dengan syarat CPMB, pengolahan sudah sesuai dengan syarat CPMB, penyimpanan bahan masak tidak sesuai dengan syarat CPMB, pengangkutan sudah sesuai dengan syarat CPMB, penyajian sudah sesuai dengan syarat CPMB. Kemasan yang digunakan untuk menyimpan makanan matang di Dapur Pusat Produksi Bakso Kota Cak Man disarankan untuk menggunakan kemasan sesuai.