Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Perancangan Bauran Produk dan Analisis Sifat Kimia Teh Daun Murbei dalam Kemasan Siap Minum dengan Penambahan Kayu Secang

emelia yunita

Abstrak


ABSTRAK

 

Yunita, E. 2017. Perancangan Bauran Produk dan Analisis Sifat Kimia Teh Daun Murbei dalam Kemasan Siap Minum dengan Penambahan Kayu Secang. Skripsi, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Aisyah Larasati, S.T., M.T., MIM., Ph.D. (II) Ir. Issutarti, M.P.

 

Kata Kunci: daun murbei, kayu secang, teh, bauran produk

Daun murbei merupakan salah satu bahan yang mengandung antioksidan tinggi karena terdapat polifenol di dalamnya. Pemanfaatan daun murbei sebagai teh dapat mengekstrak kandungan polifenol tersebut karena polifenol larut dalam ekstraksi air panas. Teh merupakan minuman yang digemari oleh masyarakat, sehingga ada banyak jenis teh yang sudah beredar di pasaran. Pembuatan teh daun murbei siap minum dengan penambahan kayu secang merupakan salah satu inovasi untuk meningkatkan daya guna daun murbei sebagai salah satu bahan pangan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis kandungan polifenol dan aktivitas antioksidan, serta mendapatkan formula terbaik dan rancangan bauran produk (mutu, merek, dan kemasan) teh daun murbei siap minum dengan penambahan kayu secang.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) yang terdiri dari satu perlakuan dan dua kali pengulangan pada setiap level perlakuan. Data kandungan polifenol, aktivitas antioksidan, uji hedonik, dan uji mutu hedonik dianalisis menggunakan ANOVA. Jika terdapat perbedaan, maka dilakukan uji lanjut (Post Hoc Test). Data desain merek dan kemasan dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan kayu secang dengan jumlah yang berbeda menyebabkan perbedaan yang signifikan terhadap hasil uji kandungan polifenol, aktivitas antioksidan, sifat hedonik warna dan rasa, serta mutu hedonik warna, aroma, dan rasa teh daun murbei siap minum. Namun, sifat hedonik aroma teh daun murbei siap minum tidak menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan.

Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa formula terbaik teh daun murbei siap minum adalah formula dengan penambahan kayu secang 30%. Rancangan bauran produk untuk teh daun murbei siap minum dengan penambahan kayu secang adalah formula teh dengan penambahan kayu secang 30% yang menghasilkan warna coklat, aroma sedikit khas jeruk nipis, dan rasa sedikit masam, serta penggunaan desain merek dan kemasan B.