Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Bauran Produk dan Bauran Harga Produk Kerupuk Limbah Tulang Ikan Tenggiri

umi khafidloh

Abstrak


ABSTRAK

 

Khafidloh, Umi. 2017. Analisis Bauran Produk dan Bauran Harga ProdukKerupuk Limbah Tulang Ikan Tenggiri. Skripsi, Jurusan TeknologiIndustri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I)Aisyah Larasati, Ph.D., (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S.Pd., M.Pd.

 

Kata Kunci: tulang ikan tenggiri, kerupuk ikan, bauran produk, bauran harga.

Produk kerupuk yang dijual umummya menggunakan bahan tambahanseperti ikan, udang, dan sayur. Tulang ikan tenggiri merupakan salah satu hasilsamping dari pengolahan limbah perikanan yang dapat dimanfaatkan.Penambahan tulang ikan tenggiri pada produk kerupuk bertujuan untukmemanfaatkan hasil limbah tulang ikan tenggiri di daerah Mojokerto. Selain itu,penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil uji kimia (kalsium, protein, kadarair, dan kadar abu), bauran produk, bauran harga, serta formula terbaik kerupuktulang ikan tenggiri.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen yang menggunakanRancangan Acak Lengkap (RAL) dengan dua kali pengulangan. Panelis yangterlibat adalah panelis konsumen sejumlah 100 orang. Data hasil analisis kimiadiuji secara statistik menggunakan uji ANOVA dilanjutkan dengan uji Duncan’sdan analisis descriptive. Perlakuan terbaik ditentukan menggunakan metodeindeks efektivitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung tulang ikantenggiri dengan persentase yang berbeda menyebabkan perbedaan yang signifikanterhadap hasil uji kimia (kalsium, protein, kadar air, dan kadar abu), hasil uji fisik(kecerahan warna), hasil uji hedonik (warna, aroma, dan kerenyahan), dan hasiluji mutu hedonik (aroma, rasa, dan kerenyahan). Namun, penambahan tepungtulang ikan tenggiri dengan persentase yang berbeda tidak menyebabkanperbedaan yang signifikan terhadap hasil uji hedonik rasa. Formula terbaik yangdiperoleh yaitu formula dengan penambahan tepung tulang ikan tenggiri 10%dengan nilai total 0,65. Hasil uji kimia yang diperoleh yaitu kalsium 804,34 (mg/100 g), protein 9,49%, kadar air 1,29%, dan kadar abu 0,05%. Hasil uji fisikkecerahan warna 72,44%. Hasil uji hedonik yang diperoleh yaitu warna 4,48,aroma 4,12, rasa 4,16, dan kerenyahan 4,48. Hasil uji mutu hedonik yangdiperoleh yaitu aroma 4,4, rasa 3,73, dan kerenyahan 4,58. Hasil analisis bauranproduk untuk desain kemasan menunjukkan bahwa desain kemasan 2 palingdisukai panelis. Hasil analisis bauran harga dan ukuran menunjukkan bahwa hargadan ukuran 2 paling disukai, yaitu produk yang dirancang dengan harga Rp8.900,- dan ukuran 250 gram.