Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGELOLAAN PRAKTIK KERJA LAPANGAN LUAR NEGERI DI SMK NEGERI 3 BLITAR BIDANG KEAHLIAN JASA BOGA

galih eka dharma

Abstrak


ABSTRAK

 

Praktik kerja lapangan (PKL) adalah kegiatan yang memberi pelatihan secara nyata di dunia kerja untuk mempersiapkan peserta didik siap memasuki dunia kerja setelah lulus. Praktik kerja lapangan adalah program wajib dan harus diselenggarakan oleh sekolah khususnya SMK yang harus diikuti seluruh peserta didik, untuk menerapkan hasil belajar di sekolah ke dunia kerja nyata. Praktik kerja lapangan luar negeri luar negeri senada dengan pemberlakuan MEA 2015, salah satu upaya untuk membuka hubungan kerja ke luar negeri. Waktu pelaksanaan praktik kerja lapangan luar negeri selama 6 bulan. SMK Negeri 3 Blitar membuka hubungan dengan DUDI di Malaysia.

Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan mengetahui pengelolaan praktik kerja lapangan luar negeri yang meliputi perencanaan PKL luar negeri, pelaksanaan PKL luar negeri dan evaluasi PKL luar negeri. Penelitian ini dilaksanakan di SMK Negeri 3 Blitar bidang keahlian tata boga. Informan dalam penelitian ini adalah Kepala sekolah, ketua pokja PKL, guru pembimbing, dan dewan guru. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif.

Hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan PKL luar negeri yang dilaksanakan di SMKN 3 Blitar: (1) perencanaan praktik kerja lapangan luar negeri yang memiliki tujuan dan struktur organisasi khusus PKL, persyatan PKL luar negeri meliputi lolos seleksi sekolah dan industri, identitas siswa yang meliputi paspor, jaminan asuransi surat izin orang tua, estimasi biaya PKL luar negeri Rp. 6.000.000,- s/d Rp. 7.000.000;  (2) pelaksanaan praktik kerja lapangan luar negeri yang meliputi fasilitas dari sekolah mencarikan tempat PKL luar Negeri, adanya MoU, pembekalan PKL, dan antar jemput siswa PKL, pelaksanaan PKL luar negeri selama 6 bulan, monitoring di jatwalkan dua kali monitoring dan antisipasi masalah yang terjadi dengan menjaga komunikasi dengan menejemen industri, guru pembimbing dan praktikan; (3) evaluasi praktik kerja lapangan luar negeri yang meliputi pengalaman dan pengetahuan yang didapat bertambah sesudah melaksanakan PKL dan siswa melaksanakan unjuk kerja PKL, penilaian dari industri dan sekolah, siswa membuat laporan PKL dan harapan PKL mendapat pengalaman yang lebih dari industri, mudah mencari kerja nantinya dan sekolah menghendaki terus melaksanakan PKL ke luar negeri.

Berdasarkan hasil penelitian ini, disarankan (1) Bagi peneliti selanjutnya, dapat meneliti lebih lanjut dan mendalam tentang pengaruh  PKL luar negeri dan keterserapan lulusan di Industri; (2) Bagi sekolah, dapat meningkatkan pelayanan Praktik Kerja Lapangan ke luar negeri di SMK Negeri 3 Blitar dan mengupayakan tetap melaksanakan PKL ke luar negeri.