Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Pengaruh Rasio Tepung Suweg (Amorphophallus campanulatus B1) dan Tepung Kelor (Moringa oleifera Lam) Terhadap Sifat Fisik, Kandungan Proksimat dan Sifat Organoleptik Kue Gapit

pratama agys masyatatin

Abstrak


ABSTRAK

 

 

Masyatatin, Pratama Agys. 2016. Pengaruh Rasio Tepung Suweg (Amorphophallus campanulatus B1) dan Tepung Kelor (Moringa oleifera Lam) Terhadap Sifat Fisik, Kandungan Proksimat dan Sifat Organoleptik Kue Gapit. Skripsi. Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (1) Dr. Titi Mutiara Kiranawati, M.P., (2) Dr. Ir. Soenar Soekopitojo, M.Si.

 

Kata kunci: kue gapit, tepung suweg, tepung kelor

 

Kue gapit merupakan jajanan yang sangat populer di masyarakat yang terbuat dari tepung beras. Kue gapit memiliki cita rasa yang manis, tekstur kering, renyah dan tahan lama. Dinamakan kue gapit karena dalam proses pencetakannya digapit atau dijepit. Umbi yang dapat menggantikan tepung beras adalah suweg yang diolah menjadi tepung. Daun kelor merupakan bagian tanaman yang berpotensi untuk dikembangkan karena nilai gizinya tinggi, salah satunya dengan dibuat menjadi tepung.

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh rasio tepung suweg dan tepung kelor terhadap kandungan proksimat kue gapit berbahan dasar tepung suweg dan tepung kelor yang meliputi kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat dan kadar serat kasar, perbedaan fisik (warna dan tekstur) dan perbedaan hedonik terhadap rasa, warna, tekstur, aroma pada kue gapit berbahan dasar tepung suweg dan tepung kelor.

Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Lengkap dengan tiga perlakuan dengan rasio antara tepung suweg dan tepung kelor 60%:40%, 70%:30% dan 80%:20% dengan dua kali pengulangan. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan One Way ANOVA (Analysis of Variance), yang dilanjutkan dengan uji Duncan’s Multiple Range Test.

Hasil penelitian menunjukkan rasio tepung suweg dan tepung kelor terhadap kandungan proksimat yang meliputi kadar air, kadar abu, kadar protein, kadar lemak, kadar karbohidrat, dan kadar serat kasar, sifat fisik tekstur dan warna dan uji hedonik rasa, warna, tekstur dan aroma kue gapit.