Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Hubungan Minat Belajar Siswa Terhadap PrestasiBelajar Pembelajaran Teori dan Praktik Mata Pelajaran Boga Dasar

RITA LISNAWATI

Abstrak


Minat merupakan kecenderungan seseorang untuk mengikuti kegiatan tanpa ada paksaan yang timbul dalam diri sendiri. Minat belajar merupakan faktor penting yang harus dimiliki dalam diri siswa. Minat belajar dari diri siswa akan berpengaruh terhadapprestasi belajar siswa dalam pembelajaran teori maupun praktik.Prestasi merupakan pencapaian tingkatan siswa sejauh mana telah dapat mencapai tujuan yang ditetapkan disetiap bidang studi dan digunakan untuk menyatakan nilai. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan minat belajar dengan prestasi belajar siswa teori dan praktik pada mata pelajaran Boga Dasar siswa SMK Negeri 3 Malang.

Penelitian ini merupakan korelasional dengan melibatkan tiga variabel yaitu  minat belajar sebagai variabel bebas, serta prestasi belajar pembelajaran teori dan praktik merupakan variabel terikat.Analisis uji korelasi menggunakan korelasi kendal tau. Jumlah populasi sebanyak 98 siswa dan diambil sampel sebanyak 77 siswa. Penelitian ini menggunakan angket untuk mengambil data tentang minat belajar. Instrumen yang digunakan untuk pengambilan data mina t belajar yaitu angket sedangkan prestasi belajar dilihat dari nilai rapot yang diambil dari dokumen guru.Top of Form

Korelasi antara minat belajar dengan prestasi belajar teori diperoleh nilai koefisien 0,019. Nilai tersebut menunjukkan bahwa hubungan sangat rendah. Dengan demikian hubungan yang terjadi antara minat belajar dengan prestasi belajar teori sangat rendah dan tidak signifikan. Sedangkan korelasi antara minat belajar dengan prestasi belajar praktik diperoleh nilai koefisien -0,044.Nilai tersebut menunjukkan bahwa hubungan sangat rendah dan berhubungan negatif. Dengan demikian hubungan yang terjadi antara minat belajar dengan prestasi belajar praktik sangat rendah dan tidak signifikan.

Kesimpulan penelitian menunjukkan minat belajar siswa dikategorikan tinggi sedangkan untuk prestasi belajar teori dan praktik berada pada kategori baik. Hubungan minat belajar dengan prestasi belajar teori dan praktik tidak terdapat hubungan yang signifikan.