Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Ketersediaan Sarana dan Prasarana Laboratorium Patiseri pada Paket Keahlian Patiseri SMK Negeri 3 Malang.

Mariyatul Qibtiyyah

Abstrak


Sarana dan prasarana pendidikan merupakan material pendidikan yang sangat penting dan berguna untuk menunjang penyelenggaraan proses belajar mengajar praktikum di SMK, baik secara langsung maupun tidak langsung dalam mencapai tujuan pendidikan. Laboratorium patiseri berfungsi sebagai tempat berlangsungnya kegiatan pembelajaran pembuatan berbagai macam kue basah dan kering, termasuk pengemasan dan pengujian mutu. SMK Negeri 3 Malang, merupakan satu-satunya SMK Negeri di kota Malang yang mempunyai Ruang Praktik Paket Keahlian Patiseri atau laboratorium patiseri, oleh karena itu apakah laboratorium patiseri SMK Negeri 3 Malang sudah sesuai dengan PERMENDIKNAS Nomor 40 Tahun 2008 perlu diteliti.

 

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana dan prasarana laboratorium patiseri pada Paket Keahlian Patiseri SMK Negeri 3 Malang, yang disesuaikan dengan ketentuan PERMENDIKNAS Nomor 40 Tahun 2008. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif.

 

Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pada laboratorium patiseri SMK Negeri 3 Malang, apabila disesuaikan dengan PERMENDIKNAS Nomor 40 Tahun 2008, terdiri dari ruang praktik dapur kue basah dan kering yang didalamnya terdapat perabot, peralatan, media pendidikan, dan perlengkapan lainnya. Ruang praktik dapur kue basah dan kering memiliki luas sebesar 68%. Perabot ruang praktik dapur kue basah dan kering memiliki ketersediaan sebesar 100%. Peralatan memiliki ketersediaan sebesar 100%. Media pendidikan memiliki ketersediaan sebesar 100%. Perlengkapan lain memiliki ketersediaan sebesar 100% dan tempat sampah memiliki ketersediaan sebesar 120%. Sedangkan tingkat ketersediaan sarana dan prasarana pada laboratorium patiseri SMK Negeri 3 Malang apabila disesuaikan dengan kondisi ideal adalah perabot meliputi meja kerja 80% dan kursi kerja 100% dan peralatan praktik sebesar 40%.

 

Dari hasil penelitian tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa sarana dan prasarana yang terdapat pada laboratorium SMK Negeri 3 Malang apabila disesuaikan dengan PERMENDIKNAS Nomor 40 Tahun 2008 termasuk dalam kategori sangat sesuai sedangkan apabila disesuaikan dengan kriteria jumlah ideal dalam kategori cukup sesuai.