Pengaruh Pelaksanaan Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Olahan Bahan Pangan Lokal di UMKM Desa Kalanganyar Sidoarjo
Abstrak
ABSTRAK
Bahan pangan lokal dalam penelitian ini adalah bandeng dan udang. Keputusan pembelian olahan bahan pangan lokal di UMKM Desa Kalanganyar didasari oleh faktor-faktor dalam bauran pemasaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pelaksanaan bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk olahan bandeng dan produk olahan udang di UMKM Desa Kalanganyar serta mengetahui perbedaan faktor dalam bauran pemasaran yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk olahan bandeng dibanding produk olahan udang di UMKM Desa Kalanganyar
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian explanatory research. Populasi penelitian adalah konsumen yang membeli produk olahan bandeng dan produk olahan udang di UMKM Desa Kalanganyar Sidoarjo dengan jumlah sampel 200 konsumen. Pengambilan sampel menggunakan teknik accidental sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis faktor dan analisis regresi linier berganda
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bauran pemasaran (proses, produk, promosi, bukti fisik, dan tempat) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pangan local olahan bandeng di UMKM Desa Kalanganyar Sidoarjo sebesar 47,1%. Pelaksanaan bauran pemasaran (produk, tempat, proses, promosi, dan bukti fisik) berpengaruh terhadap keputusan pembelian produk pangan lokal olahan udang di UMKM Desa Kalanganyar Sidoarjo sebesar 52,3%. Pelaksanaan bauran pemasaran di UMKM Desa Kalanganyar terdapat perbedaan faktor yang berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk pangan lokal. Faktor Bukti Fisik berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk olahan bandeng sebesar 11,36% sedangkan faktor promosi berpengaruh dominan terhadap keputusan pembelian produk olahan udang sebesar 13,06%.