Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2017

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

Analisis Proksimat dan Uji Organoleptik Getuk Lindri Substitusi Umbi Gembili (Dioscorea esculenta L)

Roma Idatul Koir

Abstrak


ABSTRAK

 

Getuk lindri bisa dibuat dari umbi-umbian lokal yang tumbuh subur di Indonesia. Gembili adalah salah satu tanaman yang mudah tumbuh di Indonesia dengan ketersedian melimpah dan harga yang murah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui formula terbaik dan mengetahui mutu hedonik (tekstur dan rasa), tingkat kesukaan (rasa, warna dan tekstur), serta sifat kimia (protein, lemak, kadar air, kadar abu dan karbohidrat) getuk lindri gembili dengan jumlah gembili 20%, 30% dan 40%.

Penelitian yang dilakukan adalah penelitian eksperimen menggunakan Rancangan Acak Lengkap dengan tiga perlakuan. Data hasil analisis diuji secara statistik menggunakan uji ANOVA dilanjutkan dengan uji Duncan’s. Perlakuan terbaik ditentukan menggunakan metode  indeks efektivitas.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang nyata terhadap mutu hedonik tekstur, protein, kadar air, kadar abu dan karbohidrat pada getuk lindri gembili dengan formulasi yang berbeda. Tidak terdapat perbedaan terhadap mutu hedonik rasa, tingkat kesukaan (rasa, warna, tekstur) dan lemak pada getuk lindri gembili dengan formulasi yang berbeda. Formula terbaik yang diperoleh pada getuk lindri gembili dengan persentase gembili 20%. Skor mutu hedonik tekstur tertinggi sebesar 3,74, kadar protein tertinggi sebesar 2,263%, kadar air 55,279%, kadar abu 5,326% dan karbohidrat 43,355%.