Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MUATAN LOKAL TATA BOGA SEMESTER GANJIL KELAS IX SMP NEGERI 1 PRIGEN

Ainul Mufidah

Abstrak


ABSTRAK

 

Sari, Ayu Anita.  2016.  Penerapan  Pembelajaran  Teams Games Tournament (TGT)  Berbasis  Tahapan  Newman  Untuk  Meningkatkan Kemampuan  Menyelesaikan  Soal  Cerita  Matematika bagi Siswa Kelas XI-MIA-3 SMAN 1 Kejayan.  Skripsi,  Prodi  Pendidikan Matematika,  Fakultas  MIPA,  Universitas  Negeri  Malang.  Pembimbing  : Prof. Dr. Cholis Sa’dijah M.Pd

Kata  kunci  :  Pembelajaran  Teams Games Tournament  (TGT),  Tahapan Newman, Kemampuan siswa menyelesaikan soal cerita matematika.

Berdasarkan hasil observasi awal pada kelas XI-MIA-3 menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang mengalami masalah dalam menyelesaikan soal cerita, siswa kurang antusias dalam mengikuti pembelajan dan siswa dengan kemampuan tinggi cenderung bersikap individual. Hal ini dikarenakan guru jarang memberikan soal cerita dan hanya menyajikan soal biasa (bukan soal cerita). Guru juga jarang menggunakan pembelajaran yang inovatif yang dapat membuat siswa antusias dan termotivasi dalam mengikuti pembelajaran. Oleh karena itu perlu adanya pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika, menumbuhkan kerjasama kelompok dan pembelajran yang menyenangkan, salah satu melalui penerapkan Pembelajaran TGT Berbasis Tahapan Newman.

Tujuan dari Penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika menggunakan model pembelajaran TGT berbasis tahapan Newman. Metode  penelitian  yang  digunakan  dalam  penelitian  ini  adalah  Penelitian Tindakan  Kelas  (PTK) yang dikembangkan oleh Kemmis. Penelitian ini dilaksanakan pada semester genap 2015/2016 pada siswa kelas XI-MIA-3 SMAN 1 Kejayan. Jumlah siswa pada kelas tersebut adalah 27 siswa, dengan 12 siswa perempuan dan 15 siswa laki-laki.

Instrumen yang digunakan peneliti untuk mengetahui persentase banyaknya siswa yang dapat menyelesaikan soal cerita ialah LKS, game dan tes akhir siklus. Dari nilai awal siswa yang didapatkan dari tes awal didapatkan hasil persentase siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah beturut-turut 18,5%, 29,6%, 51,6%. Setelah dilakukan tindakan pada siklus I persentase siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah berturut-turut adalah 29,6%, 48% dan 22,4%. Ternyata hasil ini masih belum sesuai dengan kriteria keberhasilan penelitian sehingga perlu dilakukan siklus II dan memperbaiki kelemahan-kelemahan pada siklus I. Setelah dilakukan tindakan pada siklus II persentase siswa berkemampuan tinggi, sedang dan rendah berturut-turut adalah 40,1%, 51% dan 9,9%

Pembelajaran TGT Berbasis tahapan Newman  yang dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita  matematika,  yaitu  diawali  dengan  presentasi kelas, kemudian siswa belajar secara berkelompok dengan mengerjakan Lembar Kerja Siswa (LKS).  Setelah waktu  mengerjakan  LKS  selesai,  guru memilih salah satu kelompok untuk mempresentasikan hasil pengerjaan LKS. Selanjutnya dilaksanakan game turnamen dengan menggunakan peta yang ditayangkan dalam tayangan power point, setelah game selesai dilakukan pengecekan jawaban game dan penghitungan skor team, yang dilanjutkan dengan penghargaan kelompok dan refleksi.