Skripsi Jurusan Tata Boga - Fakultas Teknik UM, 2016

Ukuran Huruf:  Kecil  Sedang  Besar

hubungan antara kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen di restoran skyroom best western oj hotel malang

Rizka Dyah Adhaningrum

Abstrak


ABSTRACT

 

Adhaningrum, Rizka Dyah. 2015. Hubungan Antara Kinerja Pramusaji dengan Kepuasan Konsumen di Restoran Skyroom Best Western OJ Hotel Malang. Skripsi, Program Studi Pendidikan Tata Boga, Jurusan Teknologi Industri, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M. Pd., M. T, (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S. Pd., M. Pd.

Kata Kunci : Hubungan, Kinerja Pramusaji, Kepuasan Konsumen

Pelayanan yang diberikan oleh pihak hotel tidak hanya tempat untuk menginap tetapi juga berkaitan dengan memberikan pelayanan makanan dan minuman yang merupakan kebutuhan para tamu. Apabila kinerja pramusaji tidak memenuhi harapan konsumen maka konsumen akan merasa tidak puas dan begitu pula sebaliknya apabila kinerja pramusaji memenuhi harapan konsumen maka konsumen akan merasa puas.

Tujuan penelitian adalah untuk; (1) mendeskripsikan kinerja pramusaji di Restoran Skyroom; (2) mendeskripsikan konsumen dengan kinerja pramusaji di Restoran Skyroom; (3) mengungkap hubungan kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen di Restoran Skyroom; dan (4) mengungkap besar kontribusi kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen di Restoran Skyroom.  

Metode penelitian merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian deskriptif korelasional. Variabel bebas yang digunakan adalah kinerja pramusaji sedangkan untuk variable terikat adalah kepuasan konsumen. Subjek atau responden dalam penelitian ini yaitu konsumen di Restoran Skyroom. Lokasi penelitian adalah Restoran Skyroom Best Western OJ Hotel Malang. Instrumen yang digunakan adalah angket tertutup. Analisis yang digunakan menggunakan analisis regresi sederhana untuk mengetahui hubungan kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen dan mengetahui sumbangan efektif yang diberikan oleh kinerja pramusaji terhadap kepuasan konsumen di Restoran Skyroom.  

Hasil penelitian adalah (1) kinerja pramusaji dalam kategori sangat baik sebesar 77,54%; (2) kepuasan konsumen berada dalam kategori sangat puas sebesar 77,19%; (3) nilai koefisien regresi antara kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen adalah 0,658, terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara kinerja pramusaji dengan kepuasan konsumen; dan (4) kontribusi yang diberikan oleh kinerja pramusaji terhadap kepuasan konsumen di Restoran Skyroom Best Western OJ Hotel Malang sebesar 43,3% sebagai sumbangan efektif.

ABSTRACT

 

Adhaningrum, Rizka Dyah. 2015. The Relationship Between Waiters Performance and Customers Satisfaction  in Skyroom Restaurant Best Western OJ Hotel Malang. Thesis, Culinary Education Studies Program, Department of Industrial Technology, Faculty of Engineering, Universitas Negeri Malang. Advisors: (I) Drs. Setiadi Cahyono Putro, M. Pd., M. T, (II) Lismi Animatul Chisbiyah, S. Pd., M. Pd.

Keywords: Relationship, Waiters Performance, Customer Satisfaction

Services provided by the hotel is not just a place to stay but also concerned with providing food and beverage service which is guests' needs. If the waiter's performance did not meet consumer expectations, consumers will feel dissatisfied and vice versa if the performance of the waitress to meet consumer expectations, the consumer will be satisfied.

The research objective is to; (1) describe the performance of a waitress at the restaurant Skyroom; (2) describe the performance of consumers with a waitress at the restaurant Skyroom; and (3) revealing the relationship waitress performance with customer satisfaction in Skyroom Restaurant; and (4) reveal substantial contribution to the performance of a waitress in the restaurant customer satisfaction Skyroom.

The research method was quantitative research with a descriptive correlational design. The independent variable used is the performance of a waitress while the dependent variable is customer satisfaction. Subjects or respondents in this research that consumers Skyroom Restaurant. The research location is Skyroom Restaurant Best Western OJ Hotel Malang. The instrument used was a questionnaire enclosed. The analysis used a simple regression analysis to determine the relationship waitress performance with customer satisfaction and determine effective contribution given by the waiter's performance on customer satisfaction in Skyroom Restaurant.

 

Results of the study are (1) the performance of a waitress in the excellent category amounted to 77.54%; (2) customer satisfaction are in the very satisfied category amounted to 77.19%; (3) the value of the regression coefficient between performance waitress with consumer satisfaction is 0.658, there is a positive and significant correlation between the performance of a waitress with consumer satisfaction; and (4) the contribution made by the waiter's performance on customer satisfaction in Skyroom Restaurant Best Western OJ Malang Hotel 43.3% as an effective contribution.